Pengaruh Kompetensi Pendidik Terhadap Motivasi dan Minat Belajar Para Santri di Tpa Al-Inayah

Authors

  • Zaenal Mutaqin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Fitriani Maryam UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kompetensi, Pendidik, Santri, Belajar

Abstract

Belum ada penelitian yang komprehensif terkait pengabdian masyarakat dengan cara mengajar di TPA, khususnya di wilayah RW. 07 Kampung Sayuran, Kelurahan Cijerah, Kecamatan Bandung Kulon, Jawa Barat. Menyikapi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana peserta KKN DR Sisdamas 2021 Kelompok 48 melaksanakan pengabdian masyarakat melalui kegiatan belajar dan mengajar di TPA Al-Inayah untuk menambah tenaga pengajar, peningkatan kualitas pendidik, pengembangan metode dan media pembelajaran, dan peningkatan fasilitas belajar dan mengajar di TPA Al-Inayah di wilayah RW. 07 Kampung Sayuran, Kelurahan Cijerah, Kecamatan Bandung Kulon, Jawab Barat. Metode penelitian mengadopsi siklus-siklus KKN DR Sisdamas 2021. Data penelitian diperoleh melalui observasi terhadap para santri yang belajar di TPA Al-Inayah. Terdapat dua kelompok yang mengajar di TPA Al-Inayah yaitu 6 orang yang mengajar di Kelas Bawah dan 5 orang mengajar di Kelas Atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penambahan tenaga pengajar, peningkatan kualitas pendidik, pemilihan metode dan media yang sesuai, dan peningkatan fasilitas belajar dan dengan pembagian kelompok maka pembelajaran menjadi berjalan dengan baik dan lancar serta empat kompetensi yang harus dimiliki pendidik dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Adapun empat kompetensi tersebut ialah kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial

References

There has been no comprehensive research related to community service by teaching in Madrasahs, especially in the RW area. 07 Vegetable Village, Cijerah Village, Bandung Kulon District, West Java. In response to this, this study aims to examine how the DR Sisdamas 2021 Group 48 KKN participants carry out community service through learning and teaching activities at TPA Al-Inayah to increase teaching staff, improve the quality of educators, develop learning methods and media, and improve learning and teaching facilities. teaching at TPA Al-Inayah in the RW area. 07 Vegetable Village, Cijerah Village, Bandung Kulon District, West Answer. The research method adopted the DR Sisdamas 2021 KKN cycles. The research data was obtained through observations of students studying at TPA Al-Inayah. There are two groups that teach at TPA Al-Inayah, namely 6 people who teach in the Lower Class and 5 people who teach in the Upper Class. The results showed that through the addition of teaching staff, improving the quality of educators, selecting appropriate methods and media, and improving learning facilities and by dividing into groups, learning would run well and smoothly and the four competencies that educators must possess can be applied in learning activities. The four competencies are pedagogic competence, professional competence, personality competence, and social competence

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Mutaqin, Z., & Fitriani Maryam , S. (2021). Pengaruh Kompetensi Pendidik Terhadap Motivasi dan Minat Belajar Para Santri di Tpa Al-Inayah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(80), 17–27. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1414

Issue

Section

Articles