Implementasi Hotline Melalui Whatsauto - Reply App Dalam Menunjang Kebutuhan Administrasi Masyarakat Rw. 12 Kelurahan Babakan Surabaya Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung

Penulis

  • Gio Abina Restu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurmila Awalia Putri Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Regita Tinezya Kurnisa Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Nurul Pajriati Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Medina Chodijah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

WhatsAuto, Reply App, hotline, sosialisasi

Abstrak

Setiap orang memiliki kepentingan tersendiri terutama dalam mengurus dokumen-dokumen yang nantinya akan dilanjutkan kepada pihak atau lembaga terkait. Berbagai syarat dan prosedur perlu disiapkan agar dalam proses dan pengajuannya menjadi lebih mudah jika sudah mengetahui informasinya terlebih dahulu. Tetapi masih banyak masyarakat yang tidak tahu syarat dan prosedur tersebut dikarenakan kurangnya informasi dan mengalami kesulitan mencari informasinya di internet. Masalah tersebut juga dialami oleh kebanyakan warga RW 12 di Kelurahan Babakan Surabaya, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung. Maka dari itu, kelompok KKN 42 mengusung program pembuatan WhatsAuto - Reply App sebagai sarana untuk memudahkan warga mendapatkan berbagai macam informasi yang terkait dengan kebutuhan warga. Tujuan dibuatnya auto reply ini yaitu sebagai hotline RW. 12 yang nantinya bisa digunakan oleh masyarakat maupun perangkat RW untuk mengakses informasi secara mudah melalui kolom pesan aplikasi WhatsApp Messenger. Metode pemberdayaan masyarakat digunakan dalam mengimplementasikan program ini dengan mengadakan sosialisasi kepada beberapa warga termasuk ketua RT, RW, dan Karang Taruna setempat. Database hotline ini nantinya akan lebih dikembangkan lagi oleh perangkat RW agar memuat informasi terbaru yang sesuai dengan kebutuhan warga.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Restu, G. A. ., Putri, N. A. ., Kurnisa, R. T. ., Pajriati , S. N., & Chodijah , M. . (2023). Implementasi Hotline Melalui Whatsauto - Reply App Dalam Menunjang Kebutuhan Administrasi Masyarakat Rw. 12 Kelurahan Babakan Surabaya Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(8), 176–187. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1403

Terbitan

Bagian

Articles