Meningkatkan Pengetahuan di Tengah Pandemi Berbasis Pendidikan Kepada Masyarakat Desa Doplang Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap

Authors

  • Putri Lailatus Sa’adah Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Muhammad Asro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pandemi, Pendidikan, Pengetahuan

Abstract

Kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat yang terdampak pandemi baik dari kalangan orang tua, remaja dan anak-anak yang dilakukan dengan cara pendekatan melalui pendidikan yakni dengan mengulas atau menjelaskan kembali pendidikan yang berkaitan dengan pandemi agar para masyarakat bisa belajar dan mengambil hikmah atas peristiwa yang telah terjadi. Tidak hanya itu, masyarakat juga di berikan pengetahuan yang lain seperti pendidikan dalam bidang keagamaan, kesehatan, keterampilan dan bimbingan belajar bagi anak-anak. Di tengah pandemi yang sedang melanda banyak sekali permasalahan yang dialami oleh masyarakat, berdasarkan hasil survei yang telah di lakukan ada beberapa permasalahan di antaranya para remaja dan anak-anak yang sekolah online akibat pandemi, mereka kesulitan memahami pelajaran karena semua mata pelajaran di jelaskan hanya lewat online dari rumah, di tambah lagi orang tua yang kesulitan mengajari anak-anaknya dikarenakan rendahnya tingkat pendidikan, kemudian kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat terkait pandemi, dengan begitu tujuan pengabdian disini adalah meningkatkan pengetahuan dengan cara pendidikan bagi masyarakat yang terdampak pandemi, dengan adanya pemberdayaan yang dilakukan dengan cara pendidikan dapat membantu dan meringankan permasalahan yang di alami oleh para masyarakat, baik dari kalangan orang tua, remaja dan anak-anak.

 

References

Andina Amalia, N. S. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi , 214-225.

Asyrul Fikri, P. S. (2021). Wawasan Sejarah Pandemi untuk Penguatan Karakter Mahasiswa di Era Covid-19. Sejarah dan Budaya , 154-163.

Husnul Qodim, d. (2021). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR Sisdamas) Pengabdian di Masa Pandemi Bermitra dengan Satgas Covid-19. Bandung: Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN SGD Bandung.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Keberlanjutan pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Butung Utara Bandar Lampung. Pedagogia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia , 67-76.

Rio Erwan Pratama, S. M. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia , 49-59.

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis , 109-120.

Sobana. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 terhadap Pendidikan dan Aparatur Negara. Jurnal Pendidikan Indonesia , 166-175.

Sukmawati, H. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Dunia Pendidikan. Ash - Shahabah : Jurnal Pendidikan dan Studi Islam , 1-7.

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Sa’adah, P. L. ., & Asro, M. . (2021). Meningkatkan Pengetahuan di Tengah Pandemi Berbasis Pendidikan Kepada Masyarakat Desa Doplang Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(67), 130–146. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1379

Issue

Section

Articles