Meningkatkan Kepedulian Akan Covid-19 di Kampung Cibirubeet Desa Cileunyi Wetan

Authors

  • Muhamad Hasbi Alfaruqi Ilmu Politik, Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Arina Hasna Nur El-Hadi Hukum Pidana Islam, Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Rofa Aulia Sahhan Hukum Ekonomi Syariah, Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Luthfi Raynalfi Firdaus Teknik Informatika, Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Jejen Saepudin Manajemen Keuangan Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Keywords:

Covid-19, Pencegahan, Edukasi

Abstract

Pandemik Covid-19 sudah melanda lebih dari satu tahun setengah apabila dihitung sejak awal tahun 2020. Pedesaan menjadi salah satu lumbung pangan, terlepas daripada amat dibutuhkannya desa sebagai salah satu penyuplai pangan, desa menjadi daerah yang tidak mudah tersentuh oleh pemerintah. Pengabdian dilakukan di Kampung Cibirubeet RW 15 Desa Cileunyi Wetan. Harapan utama agar warga tetap waspada terhadap Virus Covid-19 dan tetap mematuhi protokol Kesehatan. Kegiatan pengabdian yang dirancang pada dasarnya adalah edukasi dan sosialisasi mengenai Covid-19 dan protokol Kesehatan. Hasil yang diperoleh sebagai identifikasi masalah awal menunjukkan bahwa keadaan warga RW 15 desa Cileunyi Wetan memiliki persentase sedang atau cukup baik mengenai pemahaman dan pencegahan covid 19. Dengan keadaan demikian, warga masih sedikit tidak memperhatikan terhadap protokol kesehatan dan dan keadaan tentang Covid-19. Hadirnya SISDAMAS ini memberikan pengetahuan baru dan himbauan pelaksanaan protocol Kesehatan yang sebelumnya sukar ditemukan di wilayah warga RW 15 meskipun keadaan warga masih tidak memperhatikannya.

 

References

Moudy, Jesica dan Rizma. 2020. Pengetahuan terkait Usaha Pencegahan Coronavirus Disease (COVID- 19) di Indonesia, Palembang: HIGEIA Journal of Public Health Research and Development.

Sukesih, dkk. 2020. Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa Kesehatan Tentang Pencegahan Covid-19 di Indonesia, Kudus: Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan.

Keputusan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/ Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Website Pemerintah Indonesia mengenai Covid-19 (covid19.go.id)

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Alfaruqi, M. H. ., El-Hadi, A. H. N. ., Sahhan, R. A. ., Firdaus, L. R., & Saepudin, J. . (2021). Meningkatkan Kepedulian Akan Covid-19 di Kampung Cibirubeet Desa Cileunyi Wetan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(67), 62–76. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1375

Issue

Section

Articles