Peran Mahasiswa Dalam Pengembangan Organisasi Karang Taruna di Kampung Citapen Desa Cimenyan Kabupaten Bandung

Authors

  • Reendjani Alya Sumatri Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yana Sutiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pandemi Covid, Pembatasan Kegiatan Sosial, Protokol Kesehatan

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan berbagai bidang ikut terkena dampaknya, salah satunya ialah pada bidang sosial, salah satunya tidak berjalannya organisasi karang taruna masyarakat kampung Citapen Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Terbatasnya aktivitas masyarakat menyebabkan organisasi karang taruna di kampung Citapen tidak lagi berjalan. Perangkat desa beserta jajarannya berusaha semaksimal mungkin agar kegiatan serta aktivitas sosial dimasyarakat tetap bisa berjalan dengan baik walaupun dalam keadaan pandemi. Sejak pandemi covid-19 Organisasi Karang Taruna membatasi berbagai kegiatan soial bahkan saat ini organisasi tersebut tidak lagi aktif dalam mengembangkan ide-ide baru dimasyarakat agar kampung Citapen dan sekitarnya menjadi lebih hidup dan budaya serta adat istiadat tetap dikembangkan. Hal ini terjadi karena berbagai faktor, salah satunya ialah kurangnya motivasi para pemuda karang taruna dalam menyelenggarakan suatu kegiatan maupun acara dalam keadaan pandemi. Pembatasan kegiatan sosial adalah upaya agar kegiatan sosial tetap bisa dilaksanakan dengan baik walaupun menggunakan sistem yang berbeda, salah satunya dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang telah diatur pemerintah. Dengan dilaksanakannnya pembatasan kegiatan sosial membuat perangkat desa kesulitan dalam mengatur masyarakat yang tidak taat pada protokol kesehatan. Namun dalam pembatasan kegiatan sosial ini juga tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaannya. Dengan demikian pembatasan kegiatan sosial diterapkan demi memutus rantai penyebaran virus covid-19. Para mahasiswa KKN hadir ditengah masyarakat kampung Citapen berupaya untuk memberikan motivasi kepada para pemuda karang taruna dengan menghadirkan program yang dapat membantu berjalannya kembali organisasi pemuda karang taruna untuk mengembangkan kegiatan sosial dalam masyarakat kampung Citapen dengan program kerja diantaranya menyelenggarakan penyuluhan mengenai pengembangan keorganisasian karang taruna di RW 10 Kampung Citapen Desa Cimenyan Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus, sekaligus pembagian masker kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk kepedulian terhadap wabah Covid-19 yang terjadi di Indonesia.

References

Asriyati, Siti Zulfa dkk Pemanfaatan Budidaya Tanaman Jahe Dalam Memperkuat Sistem Imun Di Masa Pandemi. Artikel Ilmiah. 2020.

Kurnianto, Alfian dan Aldina Eka Andriani. Penerapan Pendampingan Belajar Di Rumah Untuk Mengatasi Kendala Pembelajaran Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19.Artikel Ilmiah. 2020.

Kurniasari, Dewi, Shyahmo &Puji Lestari. Peranan Organisasi Karang Taruna Dalam Mengembangkan Kreativitas Generasi Muda di Desa Ngembalrejo. Unnes Civic Education Journal. Vol. 2 No. 2. Oktober 2013.

Maisyanah dan Lilis Inayati. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Tradisi Meron. Jurnal Pendidikan. Volume 13 No. 2. Agustus 2018.

Muhammad, Lindiawatie, dan Dhona Shahreza. Meningkatkan keefektifan Organisasi Karang Taruna di Tengah Wabah Covid-19 Melalui Pemahaman Kecerdasan Emosi. Jurnal SOLMA. Vol. 9 No. 2. Oktober 2020.

Mumpuni, Ambarita dkk. Mencari Kebahagiaan Walaupun Pandemi Melanda “Psikoedukasi Menjaga Kesehatan Mental Di Tengah Pandemi Covid-19”. Artikel Ilmiah. 2020.

Novianty, Fety dan Pratiwi. Peran Organisasi Karang Taruna Persatuan Remaja Karti Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Volume II Nomor 2. Desember 2018.

Novianty, Fety, dan Pratiwi. Peran Organisasi Karang Taruna Persatuan Remaja Karti Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 2 No. 2. Januari 2019.

Sudardi, Bani. Nilai Pendidikan Karakter Dalam Tradisi Lokal.Jurnal Madaniyah. Vol. VII. Agustus 2014.

Suherman, Herry dkk. Mengembangkan Potensi Karang Taruna Melalui Optimalisasi Organisasi Sebagai Upaya Meningkatkan Peran Pemuda Dalam Masyarakat. Jurnal Abdimas. September 2020.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Sumatri, R. A. ., & Sutiana, Y. (2022). Peran Mahasiswa Dalam Pengembangan Organisasi Karang Taruna di Kampung Citapen Desa Cimenyan Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(89). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1350

Issue

Section

Articles