Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Sharaf Pada Masa PPKM di Pondok Pesantren Miftahut Taufiq Pasir Biru

Authors

  • Neng Latifah Nur Azizah Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan GUnung Djati Bandung
  • Dedi Wahyudi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Ilmu Sharaf, Motivasi Belajar, PPKM, Pesantren

Abstract

Dalam memahami bahasa arab perlu adanya suatu ilmu, salah satunya ilmu sharaf. Namun kendala dalam mempelajarinya akan selalu ada, terutama saat PPKM ini. Motivasi belajar santri mengalami penurunan karena sudah terlalu lama pembelajaran dilaksanakan dalam jarak jauh, sehingga timbulnya rasa bosan. Tujuan kegiatan KKN ini untuk membantu para santri kelas delapan yang berada disekitar kelurahan Pasir Biru untuk meningkatkan motivasi belajar mereka dalam mempelajari ilmu sharaf. Adapun metode yang digunakan yaitu metode SISDAMAS (Berbasis Pemberdayaan Kepada Masyarakat) yang berbasis pada keilmuan masing- masing prodi. Dengan menggunakan strategi yang telah dilakukan, motivasi belajar mereka mengalami peningkatan. Terbukti dari hasil Pre test dan Post test yang telah dilakukan.

References

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Amirudin, N. (2017). Poblematika Pembelajaran Bahasa Arab. TAMADDUN: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, 1(1), 1–12.

Costa, M, Choosing the Right Assessment Method: Pre-Test/Post-Test Evaluation, Boston University, Cabrillo Colleges SLO websites 12/17/2013; Revised 4/23/2014

Darisy Syafaah, I. S. D. (n.d.). Tantangan Pesantren Salaf dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Era Globalisasi.

Mardiah, K., Mansur, R., & Sulistiono, M. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pndidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi COVID-19 di SD Negeri 3 Tamanharjo Singosari Malang. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3.

Noor, I. H. (2010). Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 285. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.462

Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(2), 95. https://doi.org/10.24034/j25485024.y1999.v3.i 2.1886

Rodliyah Zaenuddin. (2012). Pembelajaran Nahwu dan Sharaf dan Implikasinya Terhadap Membaca dan Memahami Literatur Bahasa

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Azizah, N. L. N., & Wahyudi, D. (2022). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Sharaf Pada Masa PPKM di Pondok Pesantren Miftahut Taufiq Pasir Biru. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(89). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1346

Issue

Section

Articles