Pendampingan Pembelajaran Daring di RW 03 Desa Puncaksari Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Fitroh Nurul Fuadah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Iis Barokah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Luthfi Khaerunnisa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Home visit, Pembelajaran, Pendampingan

Abstract

Pendampingan pembelajaran daring menjadi penting karena berdasarkan observasi dan realita di lapangan, banyak dari warga yang mengeluh akan tidak efektifnya pembelajaran yang dilakukan secara daring. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini melibatkan 13 orang mahasiswa untuk memberikan pengabdian pendampingan pembelajaran daring dalam rangka mengefektifkan pembelajaran. Oleh karena itu kami peserta KKN-DR 316 menjawab permasalahan yang ada dengan cara mendampingi siswa ketika pembelajaran daring berlangsung melalui Home Visit. Kami juga memberikan Strategi dan Metode Pembelajaran yang Efektif dan Menarik sehingga meningkatkan motivasi dan minat peserta didik dalam belajar. Penelitian pengabdian ini dilakukan dengan metode pengabdian masyarakat berbasis participatory action research, dengan bukti data wawancara dan terjun ke lapangan melalui beberapa siklus. Hasil dari pengabdian yang kami lakukan mendapat respon baik dari warga sebagai orang tua siswa dan anak-anak yang menjalani pembelajaran daring. Terlihat dari pengakuan orang tua atas meningkatnya semangat dan kemandirian siswa dalam belajar.

References

Anugrahana, A. (2020, September). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama siswa memiliki pengetahuan yang berasal dari pMasa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Pendidikan dan Kebudayaan, X(3), 282-289.

Baber.H. (2020). Determinants of Students' Perceived Learning Outcome and Satisfaction in Online Learning during the Pandemic of COVID-19. Journal of Education and E-Learning Research, VII(3), 285-292.

Dwita, K. D., & Ade Irma Anggraeni, H. (2018). Pengaruh home Visit dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SDIT Harapan Bunda Purwakarta. Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi (JEBA), XX(01).

Echols, & Shadily. (2010). Kamus Inggris Indonesia An English Indonesian Dictionary. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

F, P. F., & Anggawirya. (2020). The Effect of Learning Experience on The Information Literacy of Students in The Ri-Png Border During Covid-19 Period. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, VII(10), 171-180.

Febriandari. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru dalam Menerapkan Ice breaking dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Konseptual, III(4), 485-494.

Hamzah B, U. (2016). Perencanaan Pembelajaran . Jakarta: Bumi Aksara .

Hidayatullah, Nanda, S., & Istiawati. (2013). Penerapan Ice Breaker pada Proses Belajar Mengajar Siswa Kelas X SMK Negeri 07 Surabaya pada Mata Pelajaran K3 (Keselamatan dan Keselamatan Kerja). JPTM, I(2).

Hikmat, & Endang Hermawan, A. I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Online.

Komalasari, O. (2014). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 4 Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. STAIN Purwokerto, Tarbiyah, Purwokerto.

Macmilan, B. (2004). Permainan Kata dan Musik : Wordand Music Games . Batam: Karisma Publishing Group .

Maslakhah, S. (2019). Penerapan Metode Learning By Doing Sebagai Implementasi Filsafat Pragmatisme Dalam Mata Kuliah Linguistik Historis. Jurnal Diksi, XXVII(2).

Qomaruddin, A. (2016). Penerapan Media Lagu Dalam Pembelajaran Mufrodat di SD IT Harapan Bunda Karangklesem, Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas. Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Rahmawati. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses . Jakarta: Prenada Media Group.

Sormin. (2017). Hubungan Ice Breaking dengan Minat Belajar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurnal Paidagogeo, II(5), 117-121.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integral). Jakarta: Rajawali Pers.HI

Winkel, & Hastuti. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan . Yogyakarta: Media Abadi.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Fuadah, F. N., Barokah, I., & Khaerunnisa, L. (2022). Pendampingan Pembelajaran Daring di RW 03 Desa Puncaksari Pada Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(89). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1344

Issue

Section

Articles