Upaya Pencegahan Terjadinya Learning Loss Pada Lembaga Pendidikan di Bawah Naungan Yayasan Mi’roojuttaq’waa

Authors

  • Inggi Fadila Lu’Lu’ul Hidayatullah Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yuyun Yuningsih UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Blended Learning, Learning Loss, Pengabdian, Repetition

Abstract

Terdapat situasi dimana siswa mengalami kemunduran secara akademis baik pengetahuan maupun keterampilan, hal tersebut terjadi karena kesenjangan yang berkepanjangan dalam proses pembelajaran disebut dengan learning loss. Learning loss disebut memiliki potensi sebagai dampak dari kesulitan pendidikan selama pandemi berlangsung.  Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN DR) Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (Sisdamas) ini bertujuan untuk (1) meningkatkan semangat belajar siswa yang bersekolah di lembaga formal maupun nonformal di bawah naungan Yayasan Mi’roojuttaq’waa selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) serta (2) mencegah terjadinya learning loss yang mungkin akan terjadi akibat pembelajaran jarak jauh yang telah diterapkan selama pandemi berlangsung. Pencapaian tujuan tersebut dilakukan melalui penerapan metode blended learning untuk lembaga formal serta penerapan metode pembelajaran konvensional bagi lembaga non formal (diterapkan repetition method untuk belajar mengaji). Setelah kegiatan berlangsung dilaksanakan evaluasi atau monitoring oleh pengajar dari masing-masing lembaga untuk melihat perkembangan semangat dan kemampuan siswa. Hasil menunjukkan bahwa program kegiatan KKN DR telah berlangsung dengan baik dan akan diterapkan seterusnya mengikuti kebijakan baru pemerintah. Program yang telah dijalankan mampu meningkatkan semangat siswa untuk belajar lebih giat lagi dan memberi motivasi bagi pengajar dalam mengajar.

References

Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), 395-402. doi:10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Aspari. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM DAN CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI SECARA BERSAMA-SAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal AKBAR JUARA, 6(1), 117-131.

Budi, S., Utami, I. S., Jannah, R. N., Wulandari, N. L., Ani, N. A., & Saputri, W. (2021). Deteksi Potensi Learning Loss pada Siswa Berkebutuhan Khusus Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif. JURNAL BASICEDU, 5(5), 3607-3613. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1342

Cook-Wallace, M. K. (2018). Who Is Running Online Education Programs? International Journal of Management, Knowledge and Learning, 1(1), 55-69.

Damanik, M. J. (2021). Ancaman Learning Loss Mengintai Anak Indonesia Di Tengah Pandemik. idntimes.

Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2021). Learning loss due to school closures during the COVID-19 pandemic. PNAS: Proceeding of National Academy of Sciences of the United States of America, 118(17), 1-7. doi:https://doi.org/10.1073/pnas.2022376118

Junaidi, K. (2016). Sistem Pendidikan Pondok Pesantren di Indonesia (Suatu Kajian Sistem Kurikulum di Pondok Pesantren Lirboyo). Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 95-100. doi:http://dx.doi.org/10.24269/ijpi.v2i1.364

Lee, C.-H. (2020). Role of dermatologist in the uprising of the novel corona virus (COVID_19): Perspectives and opportunities. Dermatologica Sinica, 38, 1-2. doi:10.4103/ds.ds_5_20

Maulyda, M. A., Erfan, M., & Hidayati, V. R. (2021). ANALISIS PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SDN SENURUS: KEMUNGKINAN TERJADINYA LEARNING LOSS. COLLASE: Creative of Learning Students Elementary Education, 4(3), 328-336.

Nasier, G. A. (2018). The Effect of Interest In Al-Quran And Arabic Language Ability Towards The Achievement of Tahfizh Al-Quran. 2(2), 1-15.

Risalah, A., Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M., Cahyani, S., & Ulfayati, Z. (2020). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI MI/SD (Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru Dan Siswa). JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 10-16. doi:https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.5

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.

Saepudin, I. (2021). PTM Ditunda, Disdik Sumedang SIapkan 7 Metode Pembelajaran di BDM. korsum.

Shoenfeld, Y. (2020). Corona (COVID-19) time musings: Our involvement in COVID-19 pathogenesis, diagnosis, treatment and vaccine planning. Autoimmunity Reviews, 19(6), 102538. doi:10.1016/j.autrev.2020.102538

Tantri, N. R. (2018). Kehadiran Sosial Dalam Pembelajaran Daring Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 19(1), 19-30. doi:https://doi.org/10.33830/ptjj.v19i1.310.2018

Witarsa, R., Hadi, R., Nurhanik, & Haerani, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Journal Pedagogik, 6(1), 9-20.

Yasmin, P. (2021). Risiko Learning Loss Menghantui Peserta Didik di Masa Pandemi. detikNews.

Zhao, Y. (2021). Build back better: Avoid the learning loss trap. Springer. doi:https://doi.org/10.1007/s11125-021-09544-y

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Hidayatullah, I. F. L. ., & Yuningsih, Y. . (2022). Upaya Pencegahan Terjadinya Learning Loss Pada Lembaga Pendidikan di Bawah Naungan Yayasan Mi’roojuttaq’waa. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(89). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1342

Issue

Section

Articles