Pendampingan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika dan Biologi di Kampung Cijawer Desa Cikancra Tasikmalaya

Penulis

  • Rizscha Nurulfaza Al-Mashum Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rizschy Nurfauzie Al-Mashum Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hajir Tajiri UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Biologi, Matematika, Pendampingan Belajar, Pengabdian

Abstrak

Pendampingan belajar di masa pandemi covid-19 ini merupakan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu upaya pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi serta minat siswa terhadap pembelajaran. Metode pendampingan belajar yang digunakan adalah dengan memberikan pendampingan belajar secara luring, yakni mahasiswa dan siswa melakukan proses belajar mengajar secara langsung dan tatap muka. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan memberikan pendampingan belajar kepada anak anak yang terdapat pada lingkungan RT 03/RW 01 Kampung Cijawer Desa Cikancra. Program kerja pendampingan belajar dilaksanakan pada bulan agustus dirumah mahasiswa KKN. Adapun peserta dari program pendampingan belajar ini adalah siswa – siswi yang sedang menempuh tingkat pendidikan sekolah pada tingkat SD dan SMP lebih tepatnya siswa siswi kelas 1 dan 2 SD kemudian kelas VII di lingkungan tempat tinggal mahasiswa peserta KKN. Materi yang diajarkan dalam pendampingan belajar ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa, namun lebih difokuskan pada mata pelajaran matematika dan biologi.  Hasil dari kegiatan pendampingan belajar untuk anak ini yaitu tugas sekolah anak menjadi terselesaikan dengan cepat, selain itu juga anak anak bisa lebih memahami materi pelajaran mereka yang tidak diajarkan di sekolah. Selain itu para orang tua/wali anak juga merasa terbantu karena banyak orang tua yang sibuk bekerja sehingga tidak bisa mendampingi anak dalam menyelesaikan tugas anak mereka.

Referensi

Ari, S. P M., Ardhi, W. 2015. Analisis Kepuasan Siswa Terhadap Kegiatan PembelajaranBiologi Pada Sekolah Formal Dan Lembaga BimbinganBelajar Non-Formal Di Kota Madiun. Jurnal Penelitian LPPM IKIP PGRI Madiun. Vol. 3 No. 1. , 1-5.

Armiatin, Septiwihartini, D. Gagaramusu, Y. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas V SDN No. 4 Pangalasiang Melalui Bimbingan Kerja Kelompok. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 3. No 4, 200-214.

El Fiah, R., & Purbaya, A. P. 2016. Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun

Pelajaran 2015/2016. KONSELI. Jurnal Bimbingan Dan Konseling (EJournal). Vol 3(2), 161–174.

Huda, J. 2013. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Optimalisasi Layanan Bimbingan Belajar Secara Kelompok Dan Individu. Vidya Karya Jurnal Kependidikan. Vol 28 No.1.

Meidyna, F. G. 2018. Kontribusi

keikutsertaan bimbingan belajar dan motivasi belajar terhadap nilai akademik siswa kelas xii jurusan pemasaran di lbb epsilon gresik. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Vol 7 No 3.

Nihayah. 2018. Pengaruh Bimbingan

Belajar Terhadap Kejenuhan Dalam Belajar Pada Siswa Kelas XI Di SMAN I Gerung Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Kajian Dan

Penelitian Pendidikan Islam. Vol 12 No 1 Hal : 53-64.

Nurhayati. 2016. Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bimbingan Mata Pelajaran IPA di Kelas III SD Inpres 1 Bainaa. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol 4 No. 10.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Al-Mashum, R. N. ., Al-Mashum, R. N. ., & Tajiri, H. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika dan Biologi di Kampung Cijawer Desa Cikancra Tasikmalaya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(4). Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1335

Terbitan

Bagian

Articles