Transformasi Masyarakat Desa Menuju Masyarakat Maya Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Sidik Abdulah Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

dunia maya, pemasaran gula semut

Abstract

Perbedaan antara masyarakat di desa dan kota sangat jauh sekali baik itu dari segi pendidikan, penghasilan ataupun budaya masyarakatnya. Namun dengan seiring berjalan-Nya waktu, masyarakat di pedesaan kini sudah mulai mengenal dunia maya walaupun belum keseluruhan dan hanya memiliki akses yang terbatas karena factor jaringan dank e uangan untuk membeli paket data serta telepon seluler yang seadanya. Namun dari segi pendidikan sudah terlihat banyak sekali yang sudah masuk perguruan tinggi bahkan ada juga yang sudah lulus S2, walaupun akses jalan yang lumayan sulit dan jauh untuk sekolah terutama ke bandung untuk kuliah, semangat anak-anak nya untuk melanjutkan sekolah terlihat sangat antusias untuk melanjutkan sekitar 80%, mereka ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu begitu banyak sumber penghasilan yang menjanjikan seperti halnya gula semut dan tembakau, namun karena kurang nya pengetahuan warga masyarakat tentang dunia maya tau online maka penghasilan mereka juga monoton.

References

Anderson, B. 2006. Imagined communities. London: New York : Verson. Ball-Rokeach. 1974.

The Information perspective. Paper presented at the Annual Meeting of the American Sociological Association, Montreal.

Ball-Rokeach & DeFleur. 1976. Dependency model of mass media effects. Communication Research, 3 (1).

Ball-Rokeach, dkk. 1984. The great American values test : Influencing behavior and belief through television. New York : Free Press. Ball-Rokeach, S.J. 1985.

The Origins of individual media system dependency : A Sociological framework. Communication Research, 12. Ball-Rokeach .1998.

A theory of media power and a theory of media uses : Different stories, questions, and ways of thinking. Mass Communication & Society, 1 (2).

Craig , Robert T., and Heidi I. Muller. 2007, Theorizing Communication-Reading Across Traditions, Los Angeles : Sage, p.63. Gerbner & Gross, 1976. Emerson, R.M. 1962.

Power-dependency relation. American Sociological Review, 27. Gerbner, G., & Gross, L. 1976. Living with television: The violence profile.

Journal of Communication, 26. Halpern, P. 1994. Media depend

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Abdulah , S. . (2022). Transformasi Masyarakat Desa Menuju Masyarakat Maya Di Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(68), 144–149. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1293

Issue

Section

Articles