Motivasi Untuk Melanjutkan Sekolah Kepada Siswa-Siswi MTs Al-Ikhwan Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur 2021

Authors

  • Reva Dwi Fitri Sejarah dan Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Motivasi, pendidikan, pengabdian

Abstract

Motivasi melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya sangat dibuthkan oleh siswa-siswi Desa Cihea Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur. Pasalnya kebanyakan dari mereka yang telah menyelesaikan Sekolah Menengah Atas langsung bekerja sebagai buruh daun pisang. Dengan adanya KKN-DR SISDAMAS 2021 diharapkan mahasiswa dapat memberi motivasi serta informasi beasiswa agar siswa-siswi memiliki harapan untuk melanjutkan studi tanpa harus memikirkan kondisi ekonomi. Penelitian ini menggunakan metodologi pengabdian dengan jenis penulisan penelitian lapangan (field research) yangmana penelitian dilakukan langsung ke lokasi dengan mengamati suatu fenomena, adapun pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil pengabdian ini membawa dampak positif terhadap siswa-siswi desa Cihea mereka diarhkan untuk lebih terbuka dengan informasi beasiswa yang ada di sosial media.

References

Abin Syamsudin, Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul (Bandung: Rosdyakarya, 2012)

Donny Syadia “Tenaga Kerja”, https://donnysyadia.wordpress.com.

Jhon W. Santrock,”Adolescence” (Baston: McGraw-Hill,2003),hlm 24.

Menristekdikti. 2016. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Maysarakat di Perguruan Tinggi Edisi X Tahun 2016

Mohammad Bhakti Setiawan & Abdul Hakim, “Indeks Pembangunan Manusia Indonesia”, Journal- universitas islam indonesia. Vol.9.

Moh. As’ad, Psikologi Industri, (Yogyakarta: Liberty, 1987),

Rita Handayani, “Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi belajargeografi siswa kelas X dan XI IPS SMA N 1Minggir Sleman”, (Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2010)

Singgih D. Gurasana, Dasar dan Teori Perkembangan Anak (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1982)

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Fitri, R. D. (2022). Motivasi Untuk Melanjutkan Sekolah Kepada Siswa-Siswi MTs Al-Ikhwan Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur 2021. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(68), 127–135. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1291

Issue

Section

Articles