Bersatu Bergandeng Tangan Bersama Lembaga Sosial Dalam Melawan Covid-19 di Kelurahan Karang Pamulang

Authors

  • Alika Silfiana Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung,
  • Availla Khoerunnisa Sudrajat Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Furi Khoerun Nisa Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Riska Karmilah Bimbingan dan Konseling Islam, Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
  • Muhammad Insan Al-Amin Universtas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kolaborasi, Lembaga Sosial, Protokol Kesehatan

Abstract

Fenomena wabah covid-19 ini memberikan dampak yang cukup besar bagi seluruh aktifitas kehidupan di masyarakat, terlebih di dalam ranah sosial, yang mana manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian. Akan tetapi, karena adanya wabah Covid-19 yang munculkan berbagai permasalahan di masyarakat yang membuat semuanya menjadi kompleks, salah satunya adalah di ranah sosial. Terlebih penerapan kebijakan physical distancing ini menjadi permasalahan yang cukup berat, khususnya di Kelurahan Karang Pamulang. Karena pembatasan interaksi sosial dapat menghambat laju pertumbuhan dan kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah membantu permasalahan di masyarakat Kelurahan Karang Pamulang di dalam ranah sosial, serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakatnya melalui beberapa proses penyadaran yang menjadi awal dari kontribusi individu - individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat di masa new normal ini. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode sosialisasi, pemberian dan pendampingan terkait dengan kebutuhan masyarakat dalam keberlangsungan hidup masyarakat Kelurahan Karang Pamulang di masa pandemi. Melalui beberapa kegiatan yang kami lakukan dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak di Lembaga Sosial Kelurahan Karang Pamulang agar masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan dengan penerapan 8M sehingga terjadinya penurunan angka terpapar Covid di Kelurahan Karang Pamulang.

References

Hapsari, Fadjriah dan Shita Dewi Surya. 2017. ‘Efektivitas Masyarakat dalam Pemberdayaan Wanita dan Keluarga di Kelurahan Ciracas’. Ciracas:Journal of Applied Businnes dan Economic IV (2).

Teguh, Ambar Sulistiyani. 2004. Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gaya Media.

Kartasasmita, G. 1996. Power and Empowermant: Sebuah Telaah Mengenal Konsep Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Sosial.

Gunawan, A.H. (2000). Dalam Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Chamers, R. (1995). Dalam Lembaga, Pendidikan, Penerangan Ekonomi, dan Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Hapsari, Fadjriah dan Shinta Devi Surya. 2017. Efektivitas Kelembagaan Sosial Masyarakat Dalam Pemberdayaan Wanita Dan Keluarga Di Kelurahan Ciracas. Journal of Applied Business and Economics, 4(3).

Sanah, Nor. 2017. Pelaksanaan Fungsi Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. Journal Ilmu Pemerintah, 5(1)

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Silfiana, A. ., Sudrajat , A. K. ., Nisa , F. K. ., Karmilah , R. ., & Al-Amin , M. I. (2022). Bersatu Bergandeng Tangan Bersama Lembaga Sosial Dalam Melawan Covid-19 di Kelurahan Karang Pamulang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(68), 71–84. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1286

Issue

Section

Articles