Efektivitas Program Kerja Bimbingan Belajar Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelurahan Harjasari

Authors

  • Feni Nurul Fitri Bimbingan dan Konseling Islam, Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
  • Nur Alpina Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Reza Almeida Irawan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sheylla Maula Sri Firmaya Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

bimbingan, pendidikan, pengajaran

Abstract

Dampak dari wabah covid-19 memang telah masuk kedalam hampir semua aspek kehidupan, salah satu diantaranya yakni dalam pendidikan. Pembatasan sosial yang harus dilakukan membuat sistem belajar mengajar mengalami perubahan yang cukup drastis, yakni menggunakan metode daring. Namun, mengingat perubahan ini terjadi begtitu cepat membuat banyak siswa/i yang kurang memahami metode pembelajara ini ditambah lagi pengetahuan orang tua yang terbatas membuat pembelajaran menjadi lebih sulit sehingga seringkali siswa/i kehilangan semangat belajarnya. Hal tersebut terjadi pada siswa di Kelurahan Harjasari. Berlandaskan hal tersebut maka pengabdi bersama tim memiliki tujuan untuk menanggulangi hal tersebut dengan cara memberikan pendampingan dalam pembelajaran. Adapun tahapan yang dilakukan adalah tahapan social reflection (diskusi dan sosialisasi), tahapan participation planning (penyusunan program), dan tahap action and evaluation (pelaksanaan kegiatan dan evaluasi). Adapun hasil dari program ini yaitu meningkatya motivasi, semangat, pemahaman dalam menerima pembelajaran.

References

Ermayulis, S. (2020). Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Dan Luring Di Tengah Pandemi Covid-19.

Lian, B. (2013). Tanggung Jawab Tridharma Perguruan Tinggi Menjawab Kebutuhan Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Nengrum, T. A., Solong, N. P., & Iman, M. N.

Kelebihan dan kekurangan pembelajaran luring dan daring dalam pencapaian kompetensi dasar kurikulum bahasa arab di madrasah ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1-12.

Nurdin Mulyadi, N. H. (2019). Pengertian Pendidikan.

Rodiansjah, A. A., Fadilah, S., Erlisda, A., Melani, A., &

Misnahwati. (2020). Efektivitas pendampingan belajar yang dilakukan mahasiswa KKN BMC UNNES untuk membantu siswa sekolah di masa pandemi Covid-19. Universitas Negeri Semarang.

Sadikin, A., & Hamidah A. (2020).

Pembelajaran daring di tengah wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Fitri , F. N. ., Alpina, N., Irawan , R. A. ., & Firmaya, S. M. S. (2022). Efektivitas Program Kerja Bimbingan Belajar Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelurahan Harjasari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(68), 35–45. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1283

Issue

Section

Articles