Optimalisasi Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Menurunkan Angka Putus Sekolah di Kelurahan Kopo

Authors

  • Faridah Nurul Hakim Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dwi Fikry Al-Ghifary Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ridwan Rustandi Universtas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, PKBM, Putus Sekolah

Abstract

Pendidikan adalah satu hal yang paling utama dalam kehidupan manusia menuju puncak optimasi potensi kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dimilikinya. Pendidikan adalah hal yang diperlukan dalam pengembangan perilaku manusia pada kedewasaan yang sejati. PKBM memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat dimulai dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), KF (Keaksaraan Fungsional), Paket A, Paket B, Paket C, dan KBU (Kelompok Belajar Usaha). Selain itu sebuah PKBM juga dilengkapi dengan TBM (Taman Bacaan Masyarakat). Tujuan PKBM  sendiri adalah  memperluas kesempatan warga masyarakat, khususnya yang tidak mampu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mental yang diperlukan untuk mengembangkan diri dan bekerja mencari nafkah. Metodologi yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan partisipatif yang mengutamakan peran aktif dan keterlibatan mitra yang didampingi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa adanya kegiatan PKBM ini adalah karena keinginan dari warga dan penyelenggara dan diharapkan untuk menciptakan taraf kesejahteraan warga Kelurahan Kopo yang lebih baik lagi.

Kata Kunci:, , 

References

https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/ diakses pada hari selasa,7 September 2021

Agustina, Angelia dan Yetti Supriyati. 2018. Evaluasi Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Vokasional di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bhina Swakarya Kabupaten Bandung.

Haruna, C. N. (2018). Efektivitas Program Pendidikan Kesetaraan Paket B Dan C Oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Cendikia Di Kabupaten Pangandaran. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(3), 53-63.

Muhammad, M. (2017). Perencanaan Pembangunan.

Sakti, S. A. Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Kecakapan Hidup Bagi Remaja Putus Sekolah Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mandiri Gamping Sleman.

Suhaenah, E. 2016. ‘Implikasi Pendidikan Kesetaraan Paket C Terhadap Peningkatan Taraf Hidup Warga Belajar di SKB Kota Serang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (e-plus), 1(1).

Sutisna, D. F. (2012). Peranan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) dalam menumbuhkan minat baca warga belajar (Doctoral dissertation).

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Hakim , F. N. ., Al-Ghifary , D. F., & Rustandi , R. (2022). Optimalisasi Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Menurunkan Angka Putus Sekolah di Kelurahan Kopo. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(68), 24–34. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1282

Issue

Section

Articles