Sosialisasi Pembuatan Hand Sanitizer Alami Dalam Membangun Krisis Ekonomi Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Wahyu Wahyu Hukum Keluarga, Fakultas Syari’ah dan Hukum,UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dedi Wahyudi Universtas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Hand Sanitezer alami, Sosialisasi, Covid-19

Abstract

Hand sanitezer merupakan bahan yang sudah menjadi kebutuhan di masyarakat dalam pandemi covid-19.  Perilaku hidup sehat dan bersih adalah upaya dalam mencegah penularan covid-19, dengan menggunakan masker, sabun cuci tangan serta cairan antibakterial  sebagai proteksi untuk mencegah virus masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu sosialisasi hand sanitezer dari bahan alam ini dapat menjadi trobosan baru dalam pemanfaatan sumber daya alam serta menumbuhkan kebiasaan mencuci tangan di masyarakat, terkhusus masyarakat desa Pamulihan kecamatan Pamulihan kabupaten Sumedang.  Metode sosialisasi yang digunakan adalah metode langsung yang disampaikan dengan pemaparan materi dan simulasi praktek pembuatan hand sanitizer. Apresiasi dan antusias masyarakat cukup baik sehingga dapat dikatakan sosialisasi berjalan dengan lancar serta keefektifan fungsi hand sanitizer dalam membunuh bakteri juga sangat dioerhitungkan sesuai dengan anjuran WHO yaitu mengandung alkohol dengan konsentrasi kurang lebih 70%.

References

Adam, S. (2006). Dampak Narkotika Pada Psikologi dan Kesehatan Masyarakat. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(1).

Yanti, Etri, Nova Fridalni, dan Harmawati. 2020. Mencegah Penularan Virus Corona. Jurnal Abdimas Saintika Vol. 2 No.1, 33-39.

Ausrianti, R., Andayani, R. P., Surya, D. O., & Suryani, U. 2020. Edukasi Pencegahan Penularan Covid 19 serta Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial pada Pengemudi Ojek Online. Jurnal Peduli Masyarakat Vol.2 No.2.

World Health Organization. (2020). Novel coronavirus (2019-nCoV). Situation report, 28.

Hapsari, D. N., Hendrarini, L., & Muryani, S. (2019). Manfaat Ekstrak Daun Sirih (Piper betle Linn) Sebagai Hand Sanitizer Untuk Menurunkan Angka Kuman Tangan. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 7(2).

Jawetz, E., Melnick, J. L., Adelberg, E. A., 1986, Mikrobiologi Kedokteran, diterjemahkan oleh Bagian Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Jakarta : Salemba Medika

Siswandono dan Soekardjo, B. 1995. Kimia Medisinal. Surabaya : Airlangga University Press

Agusta, A., 2000. Minyak Atsiri Tumbuhan Tropika Indonesia. Bandung : ITB

Dehari, P., dkk, 2006. Technology transfer and project management network For aloe vera as semi finish product like Gel, Powder and finish products like aloe vera drink or fizzy tablet. Ensymm: Consulting for Biotechnology.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Wahyu, W. ., & Wahyudi, D. . (2022). Sosialisasi Pembuatan Hand Sanitizer Alami Dalam Membangun Krisis Ekonomi Pada Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(83), 163–171. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1260

Issue

Section

Articles