Bimbingan Belajar Siswa Sd Masa Pandemi Covid 19, di Rw 15 Cibiru Beet Desa Cileunyi Wetan

Authors

  • Salsima Shupuviah Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Pina Pitriana Pendidikan Fisika, Tarbiyah dan Keguruan , UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

KKN, Pandemi, Pendidikan

Abstract

Sejak adanya pandemi Covid 19, banyak sekali kebijakan yang diambil secara cepat untuk upaya pencegahan penyebaran virus corona salah satunya yaitu kebijakan pada jenjang pendidikan. Kegiatan belajar mengajar bagi semua jenjang pendidikan dilakukan pembelajaran dari rumah dengan sistem daring atau online. Banyak kendala yang dihadapi selama pembelajaran dari rumah, yakni siswa kesulitan dalam mengikuti serta memahami materi dalam pelajaran yang disampaikan oleh guru. Desa cileunyi wetan merupakan salah satu desa yang termasuk zona hijau, pembelajaran di Desa Cileunyi Wetan dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh. Untuk itu kegiatan KKN atau pengabdian masyarakat dengan program pendampingan belajar di masa pandemi Covid 19 ini merupakan salah satu upaya pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Program ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi serta minat siswa terhadap pembelajaran juga sebagai rasa kepedulian para mahasiswa terhadap masyarakat dibidang pendidikan. Tujuan dari kegiatan ini untuk tetap mengefektifkan dan memaksimalkan dari tujuan pembelajaran di sekolah. Kegiatan ini melibatkan siswa SD yang berjumlah berjumlah sekitar 50 orang. Metode pelaksanaan pendampingan belajar yang digunakan adalah pendampingan belajar secara luring, yakni mahasiswa dan siswa berdiskusi secara langsung dan tatap muka. Pendampingan belajar berlokasi di posko KKN yaitu Vila Seni Cibiru Beet. Seluruh siswa merasa antusias serta semangat mengikuti kegiatan pendampingan belajar dan siswa maupun orang tua merasa terbantu dengan adanya program ini.

References

Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam Volume 1 Nomor 1 Tahun 2020.

Atsani, Lalu G.M.Z., 2020. Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19.

Purwanto A., dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal: Journal of Education, Psychology, and Counseling.

Rosaningdyah A. Rizqi., Putra D.A. Putra., Ardiani Frida., Akhirudin M.Ridlo., Jaya V.I., (2020), Pendampingan Belajar Siswa SD Saat Masa Pandemi Covid 19 di Desa Kebumen Sukorejo Kendal. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1 No. 1.

Santoso, A., Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan Belajar Siswa di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajr di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Abdimas Berdsaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 2 No. 2, 36-43.

Wahyuningsih S dan Abbas E. W. & Mutiani M. (2020). Implementation of Leadership Value of Rudy Resnawan as a Leaning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 169–177.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Shupuviah , S., & Pitriana , P. . (2022). Bimbingan Belajar Siswa Sd Masa Pandemi Covid 19, di Rw 15 Cibiru Beet Desa Cileunyi Wetan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(83), 154–162. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1259

Issue

Section

Articles