BIMBINGAN BELAJAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA USIA SEKOLAH DI DESA SIRNASARI KECAMATAN TANJUNGSARI KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Anggi Januar Aripin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Jessica Rahmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Rizqi Firdaus UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Raray Husaeni UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Reza Mauladi Firdaus UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Minat Belajar, Bimbingan Belajar, Kerja Kelompok

Abstract

Metode pembelajaran dengan sistem daring dewasa ini menjadi suatu sistem baru yang digunakan dalam dunia pendidikan. Dampak dari adanya Pandemi COVID-19 ini membuat segala bentuk aktivitas pembelajaran sejatinya dikemas sedemian rupa dengan tujuan dapat tersampaikan dengan efektif kepada para siswa. Namun, hal demikian berimbas pada menurunnya minat siswa dalam belajar sehingga diadakanlah sebuah program Bimbingan Belajar bagi siswa usia sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan kembali minat siswa dalam belajar di wilayah Desa Sirnasari Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengggunaan metode kerja kelompok dalam program Bimbingan Belajar dalam meningkatkan minat belajar siswa usia sekolah di Desa Sirnasari Kecataman Tanjungsari Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif dimana data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap siswa, tenaga pengajar dan pengurus Majelis Al-Barokah.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, terlihat bahwa siswa di lingkungan desa kembali memiliki semangat dan antusias dalam belajar dengann mengikuti program Bimbingan Belajar yang diadakan di Majlis Al-Barokah.

References

Haryanto, M. S. (2020). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosada Karya

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Melvin L. Silberman, Aktif Learning 101 Cara Siswa Belajar Aktif, Bandung: Nuansa dan Nusamedia, 2011

Muhammad Asrori, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Wacana Prima

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosada Karya, 2010

Nawawi, Hadari. 1985. Organisasi Sekolah Dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: Gunung Agung

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014

Qodim, H., & Dkk. (2021). Petunjuk teknis kuliah kerja nyata dari rumah. Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo

Sulaiman, M., Al Hamdani, M. D., & Aziz, A. (2018). Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 77. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.156

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah, 40-74, Malang: UM Press.

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/08/pelaksanaan-pembelajaran-tahun-ajaran-baru-20212022-mengacu-pada-kebijakan-ppkm-dan-skb-4-menteri.

Downloads

Published

2021-12-02

How to Cite

Aripin , A. J. ., Rahmawati , J. ., Firdaus, M. R. ., Husaeni, R. ., & Firdaus , R. M. . (2021). BIMBINGAN BELAJAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA USIA SEKOLAH DI DESA SIRNASARI KECAMATAN TANJUNGSARI KABUPATEN BOGOR. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(71), 120–131. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1253

Issue

Section

Articles