Efektivitas Penggunaan Lampu Jalan Solar Cell Tenaga Surya 30 Watt Terhadap Penerangan Jalan Umum

Authors

  • Nisa Rizkiya Anugrah Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ihin Solihin Universtas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Energi, penerangan, teknologi

Abstract

Desa Ciela merupakan salah satu desa di kabupaten garut yang berada jauh dari pusat kota sehingga desa ini memiliki permasalahan dalam akses listrik karena itu desa ini memiliki kekurangan dalam pencahayaan. Untuk itu KKN ini dilakukan bertujuan agar mahasiswa dapat membantu permasalahan penerangan jalan umum dengan pemanfaatan teknologi yang sudah ada, lampu jalan yang digunakan cukup sederhana dengan memanfaatkan teknologi konversi energi serta sensor maka teknologi tersebut digunakan hanya pada situasi tertentu untuk menghemat energi, permasalahan warga sedikit terbantu hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan jumlah masyarakat yang melintasi daerah gelap tersebut. Dari hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa program ini berjalan dengan baik.

References

Bukhari. 2008. ‘Desain Dakwah Untuk Pembinaan Keagamaan Komunitas Elit Intelektual’. Ulumuna:Jurnal Studi Keislaman XII(2).

De Porter, Bobbi & Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman, 35-40. Bandung: Penerbit Kaifa.

Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah, 40-74, Malang: UM Press.

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.

Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.

Ahmed, F., Alimuzjaman Alim, S. M., Islam, S., Bhusan, K., Kawshik, R., & Islam, S. (2016). 433 MHz (Wireless RF) Communication between Two Arduino UNO. American Journal of Engineering Research, (510), 2320–2847.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Anugrah , N. R. ., & Solihin , I. . . (2022). Efektivitas Penggunaan Lampu Jalan Solar Cell Tenaga Surya 30 Watt Terhadap Penerangan Jalan Umum. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(83), 34–42. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1241

Issue

Section

Articles