Penyuluhan Langkah Cuci Tangan yang Benar Melalui Kegiatan Bedah Film di SDN Teluk Pucung VI

Authors

  • Annisa Aisyifa Kusmawati Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Mahrus As'ad Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Bedah Film, Penyuluhan Cuci Tangan

Abstract

COVID-19 hingga saat ini belum adanya tanda-tanda segera berakhir, hal ini ditandai dengan munculnya virus COVID-19 varian baru. Oleh karena itu perlu adanya pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat salah satunya dengan mencuci tangan. Cuci tangan merupakan langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai langkah mencuci tangan yang benar kepada siswa-siswi di SDN Teluk Pucung VI sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID-19. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan melalui kegiatan bedah film, penyuluhan dengan metode ceramah, simulasi, dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini, yaitu Film “Nussa: Cuci Tangan Yuk!” yang digunakan dalam kegiatan penyuluhan mengenai langkah cuci tangan yang benar mendapatkan respon positif, siswa-siswi sangat antusias dan senang terhadap penyuluhan yang diberikan. Selain itu, adanya simulasi dalam penyuluhan ini siswa-siswi dapat langsung menerapkan langkah mencuci tangan yang benar baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah.

References

Adhani, Lisa, Mayadi, Siti Setiawati, and Khairunnisa Fadhilla Ramdhania. 2020. “Sosialisasi Media Sosial Dan Pembuatan Hand Sanitizer, Hand Soap Dalam Rangka Ikut Serta Menanggulangi COVID-19.” Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat 1(1): 11–18.

Ashari, Agus Erwin, Abdul Ganing, and Zrimurti Mappau. 2020. “Peningkatan Pengetahuan, Sikap Dan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Kelas V Sekolah Dasar Melalui Senam Cuci Tangan Pakai Sabun.” JurnalIlmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal 10(1): 11–18. http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/635/389.

Mumpuni, Atikah et al. 2020. “Penyuluhan Pendidikan Melalui Kegiatan Bedah Film Di Desa Wanatawang Kabupaten Brebes.” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(4): 649–54.

Nasution, Embun Suci, Dewi Pertiwi, Sony Eka Nugraha, and Sumaiyah. 2019. “Sosialisasi Langkah Cuci Tangan Yang Benar Guna Mewujudkan Masyarakat Sehat Di SMA Negeri 2 Sibolga.” Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI 3(2): 129–32.

Parwanto, Edy. 2021. “Virus Corona (SARS-CoV-2) Penyebab COVID-19 Kini Telah Bermutasi.” Jurnal Biomedika 4(2): 47–49.

Susanto, Agus, Meliyana Perwita Sari, and Heni Purwantiningrum. 2021. “Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Covid-19.” Jurnal Masyarakat Mandiri 5(4): 1–8.

Widayati, Wahyu Kristingrum, and Isfaizah. 2021. “Cara Cuci Tangan Di SD Negeri 1 Gandulan Temanggung Jawa Tengah.” Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE) 3(1): 25–29.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Kusmawati, A. A., & As’ad, M. (2022). Penyuluhan Langkah Cuci Tangan yang Benar Melalui Kegiatan Bedah Film di SDN Teluk Pucung VI. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(61), 47–57. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1227

Issue

Section

Articles