KOMUNIKASI EDUKASI WARGA DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN HIDUP NORMAL PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Naufalia Nisrina Dhiya Ulhaq UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Paryati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hasniah Aliah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kesadaran, Pendidikan, Pengabdian

Abstract

Salah satu bentuk pengalaman Tri Darma perguruan tinggi yaitu pegabdian kepada masyarakat yang dapat mehasiswa aplikasikan melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dalam pengimplementasian ilmu yang telah didapatkan oleh mahasiswa selama duduk di bangku kuliah dapat disalurkan melalui kegiatan tersebut. KKN yang orientasi program kegiatannya terfokus pada bidang sesuai dengan pemasalahan kemasyrakatan untuk memecahkan masalah dengan kegiatan mahasiswa yang mengatasi masalah tertentu dan untuk mencapai target. Tujuan dari dilaksanakan KKN untuk menumbuhkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap berbagai yang diperlukan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang sesuai dengan masyarakat islam.

   Di era pandemi covid-19 ini banyak sekali masyarakat yang terdampak kehidupannya baik itu ekonomi, kesehatan, dan lainnya. Termasuk masyarakat RW 004 Kelurahan Ciketing Udik. Masyarakatnya yang notabene pendatang dan pemulung sangat merasakan sekali dampak dari pandemi ini. akan tetapi di Kelurahan Ciketing Udik merupakan kelurahan yang berstatus zona hijau dari 56 keluraham yang ada di kota Bekasi.

   Dalam masa pendemi ini kegiatan sekolah tatap muka diberhentikan digantikan dengan Sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan di rumah masing-masing. Kurang efektifnya sistem daring ini membuat orang tua khawatir dengan ilmu yang dapat didapat anaknya. Pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan sosialisasi dan edukasi di wilayah RW 004 tentang bahayanya covid-19, menjadi sarana mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu pengetahunnya secara nyata dan handal sehingga dapat memberikan nilai dan manfaat bagi masyarakat sekitar dengan tujuan menciptakan kepedulian masyarakat dalam Pendidikan dimasa pandemi Covid-19. Adapun pelaksanaannya berkoordinasi dengan RT dan RW, pembagian prokes kit, sosialisasi dan edukasi warga.

References

Ainil Fhadilah, 2019. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Alokasi Dana Desa Di Kecamatan Jujuhan Ilir Kabupaten Bungo - Jambi. Jurnal Studi Islam. Vol 11. UIN Sunan Kalijaga.

Hutagalung, Hendra. (2014). “Model Pendidikan Anak Jalanan”. Medan: Fakultas Sosial Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

Mahmudi, 2019. Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi, Isi dan Materi. Vol 2, Universitas Nadhatul Ulama Lampung.

Popham, W.J. (1995) Classroom Assessment, What Teachers Need to Know. Boston: Allyn & Bacon.

Sunhaji. 2014. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan. Vol. II (2). IAIN Purwokerto.

Kurniawan, A., & dkk. (2015). Laporan Kelompok Kuliah Kerja Nyata Semester Khusus Tahun Akademik 2014/2015. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta.

Tarigan, S. F., & Maksum, T. S. (2020). Sosialisasi Dan Pengembangan Potensi Desa Melalui Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Studi Kesehatan Masyarakat.

Qodim, Husnul, dkk. 2021. Pentujuk Teknis Kuliah Kerja Nyata dari Rumah. Bandung: LP2M UIN Sunan Gunung Djati.

Downloads

Published

2021-12-02

How to Cite

Dhiya Ulhaq, N. N. ., Paryati, & Aliah, H. . (2021). KOMUNIKASI EDUKASI WARGA DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN HIDUP NORMAL PADA MASA PANDEMI COVID-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(71), 62–79. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1212

Issue

Section

Articles