Pendampingan Kiat-kiat Belajar Menyenangkan dari Rumah bagi Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Pasanggrahan

Authors

  • Siti Sindi Hakiki Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Agi Attaubah Hidayat Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syari’ah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wilani Wilani Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yusrina Qistina Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Muhammad Hafidzh Alfikri Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Ranita Syifa Azkia Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zaenal Muftie Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Motivasi, Belajar, Kiat-kiat

Abstract

Pemerintah memberikan kebijakan untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam penanggulangan pandemi covid-19. Pelaksanaan PJJ menimbulkan turunnya motivasi dan minat belajar siswa dikarenakan siklus berulang yang membosankan dan sulitnya akses internet. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memicu kembali semangat belajar siswa yang berkurang akibat pembelajaran daring selama PJJ. Pengabdian dilakukan dengan melalui beberapa tahap, yaitu identifikasi masalah, pendampingan, dan evaluasi. Metode pendampingan yang digunakan adalah  metode partisipatoris kolektif. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa metode yang diterapkan dalam pendampingan kiat-kiat belajar menyenangkan bagi anak usia sekolah dasar di desa pasanggrahan tepat disosialisasikan di masa pandemi dan sekolah tatap muka terbatas. Hal ini dilihat dari perkembangan, antusiasme, juga respon positif dari peserta didik juga pihak bersangkutan lainnya.

References

Endriani, D., Sari, Y. R., & Rasmita. (2020). Tips dan Triks Mengajar Anak di Rumah selama Pembelajaran Online. Jurnal Laporan Abdimas Rumah Ilmiah (JLARI), 1(1), 55-61. Diambil kembali dari http://www.jlari.org/index.php/jlari/article/view/9

Ginting, E. S., Lubis, T. W., & Pertiwi, S. (2021). Kiat Menghadapi Tantangan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 35-43.

Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, VI(01), 1-9. doi:https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Kemendikbud RI. (2020, September 2). Dua Prinsip Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi COVID-19. Jakarta. Dipetik September 2, 2021, dari https://youtu.be/0WQJR2-F8eo

Lahir, S., M. H., & Tho’in, M. (2017). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN. Edunomika .

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Prasetya, I. G., Winarno, R. D., & Eriany, P. (2013). BIMBINGAN BELAJAR EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN BELAJARPADA SISWA KELAS VII. Prediksi, Kajian Ilmiah Psikologi, 1-4.

Pratama, A. P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 88-95. Diambil kembali dari https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/1731/571

Primahendra, R. (2002). Pedoman Pendampingan untuk Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Dinkesos.

Syafnidawaty. (2020, November 13). Apa Itu Evaluasi? Dipetik September 3, 2021, dari raharja.ac.id: raharja.ac.id/2020/11/13/apa-itu-evaluasi/

Syambudi, I. (2021, Juli 30). Grafik COVID Indonesia Juli 2021: Jauh dari Target & Tak Terkendali. (A. Aziz, Editor) Dipetik September 2, 2021, dari tirto.id: https://tirto.id/grafik-covid-indonesia-juli-2021-jauh-dari-target-tak-terkendali-gicx

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Covid-19. Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Hakiki, S. S., Hidayat, A. A., Wilani, W., Qistina, Y., Alfikri, M. H., Azkia, R. S., & Muftie, Z. (2022). Pendampingan Kiat-kiat Belajar Menyenangkan dari Rumah bagi Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Pasanggrahan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(56), 27–39. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1186

Issue

Section

Articles