Implementasi Metode Tawazun dalam Mempercepat Hafal Al-Qur’an

Authors

  • Delis Siti Nurhayati Husnul Hotimah Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Ahmad Syaeful Rahman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Hafalan Al-Qur’an, Siswa, Metode Tawazun

Abstract

Program menghafal Al-qur’an saat ini telah menjadi tren di kalangan pendidikan dan masyarakat. Banyak sekolah yang menjadikan program tahfidz sebagai program unggulan salah satunya di SMA Plus Al-Aqsha Jatinangor. Program unggulan ini wajib di ikuti seluruh siswa, dan memiliki targetan hafalan minimal 3 juz dalam kurun waktu 3 tahun. Target 3 juz ini tentunya masih terbilang sedikit jika di bandingkan dengan pondok khusus tahfidz lainnya, hal itu di karenakan banyaknya kegiatan lain yang harus di ikuti oleh seluruh siswa dari mulai subuh hingga malam hari. Yang terjadi di lapangan adalah masih ada sebagian siswa yang belum mencapai target hafalannya di karenakan banyak faktor di antaranya: bacaan Al-qur’an yang masih kurang, kurangnya motivasi siswa untuk menghafal dan kemampuan siswa yang berbeda-beda. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengenalkan dan menerapkan metode tawazun kepada siswa untuk mempercepat hafalan Al-qur’an sehingga dapat mencapai target hafalan yang telah di tetapkan. Subjek penelitian terdiri dari 33 siswa dan 6 informan dari pengajar tahfidz. Metode pengabdian di lakukan dengan cara partisipatif aktif dari siswa. Sedangkan metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik triangulasi data yang mencakup observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data di lakukan dengan pengumpulan data, pengolahan atau reduksi data serta hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode tawazun secara efektif dapat membantu siswa dalam menghafal al-qur’an, hal tersebut dapat terlihat dari keaktifan siswa dalam menyetorkan hafalannya setiap hari dengan rata-rata setor sebanyak satu halaman perhari.

References

Febriyanti, F. (2021). Cara Guru Mengajarkan Hafalan Al Qur'an Juz 30 di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2021) Di akses dari repo.iain-tulungagung.ac.id/20750/

Jayanti, T.D. (2021). Pengaruh Tahfidz Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MI Pesantren Kota Blitar. (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2021) Di akses dari repo.iain-tulungagung.ac.id/21700/

Romziana, L., dkk. (2021). Pelatihan Mudah Menghafal Al Quran dengan Metode Tikrar, Murajaah & Tasmi bagi Siswi Kelas XI IPA Tahfidz Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Jurnal Karya Abdi, 5(1), 161-167.

Slamet, S. (2021). Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai dan Hafalan Al Quran. Jurnal Warta LPM, 24(1), 59-68.

Tim Pusat Pengabdian kepada Masyarakat. 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR Sisdamas) Pengabdian di Masa Pandemi Bermitra dengan Satgas Covid-19. LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Albi, N.S., Hadiyanto, A., Hakam, A., & Wajdi, F. (2020). Metode menghafal alquran tawazun dan peningkatan self-esteem santri di pesantren daarul huffadz indonesia. Jurnal Studi Al-Qur'an, 16(2), 213-232.

Ummi, N., & Taufiqurahman. (2020). Persepsi Siswa MAN Insan Cendikia Sambas Tentang Pengaruh Kelancaran dalam Membaca Al-Quran Terhadap Jumlah Hafalan Al Quran. Jurnal Cendikia Sambas, 1(2), 40-48

Utama, P. (2020). Pengaruh Intensitas Menghafal Al-Qur'an dan Motovasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Melalui Mediasi Stress Akademik Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Kewidyaiswaraan, (5)2, 12-25.

Zami, M.A. (2020). Kajian Terhadap Ragam Metode Membaca Al Quran dan Menghafal Al Quran. Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 96-120

Lubis, A.M., & Ismet, S. (2019). Metode Menghafal Al-Quran pada Anak Usia Dini di Tahfidz Center Darul Hufadz Kota Padang. Journal on Early Childhood, 2(2), 8-14

Rahmi, Y. (2019). Metode Murajaah dalam Menghafal Al Quran di Pondok Pesantren Al-Mubarak Tahiyatul Yaman Kota Jambi. Journal for Religious-Innovation Studies, 19(1), 65-76.

Saefudin, M. (2019). Penerapan Metode Ziyadah, Takrir, Sima'i dalam Menghafal Al-Qur'an di MA Dr. Ibnu Mas'ud Wiradesa Kabupaten Pekalongan. (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan, 2018) diakses dari etheses.iainpekalongan.ac.id/572/.

Anwar, K., & Hafiyana, M. (2018). Implementasi Metode Odoa (One Day One Ayat) dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran. JPPI, 2(2), 181-198.

Najib, M. (2018). Implementasi Metode Takrir Dalam Menghafal Al Quran Bagi Santri Pondok Pesantren Punggul Nanjuk. Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 8(3), 333-342.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Hotimah, D. S. N. H., & Rahman, A. S. (2022). Implementasi Metode Tawazun dalam Mempercepat Hafal Al-Qur’an. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(56), 13–26. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1185

Issue

Section

Articles