Kegiatan Bimbingan Belajar di Pesantren Untuk Meningkatkan Minat Belajar Santri

Authors

  • Siti Sayyidatussa’adah Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ichsan Budiman Universtas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Minat Belajar, Masa Pandemi Covid 19, Pondok Pesantren

Abstract

Masa Pandemi Covid-19 berdampak pada minat belajar siswa atau santri, karena terjadinya masa pandemi ini sistem pembelajaran yang dilakukan dengan sistem Dalam Jaringan (daring). Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa atau santri dalam masa pandemi dan cara meningkatkan minat belajar siswa atau santri sebagai solusi penyelesaiannya. KKN SISDAMAS ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Islam Kelurahan Cipaisan Kabupaten Purwakarta mulai tanggal 3-31 Agustus 2021. Tahapan kegiatan meliputi rancangan kegiatan, sosialisasi, kegiatan pengabdian dan evaluasi. Metode saintifik digunakan untuk mengevaluasi minat belajar siswa atau santri dan mengetahui cara meningkatkan minat belajar siswa atau santri sebagai solusi penyelesainnya. Setelah melaksanakan kegiatan pengabdian terdapat temuan diantaranya beberapa santri masih belum lancar dalam membaca al qur’an, hal ini dikarenakan minat belajar membaca al qur’an berkurang. Sementara itu minat belajar siswa terhadap pelajaran IPA sangat kurang sekali, karena para siswa tidak merasakan pengalaman belajar secara langsung. Berdasarkan hasil temuan tersebut, penulis menemukan cara meningkatkan minat belajar siswa atau santri yaitu dengan sistem pembelajaran membaca al qur’an dengan cara memeriksa bacaan setiap santri, penerapan ilmu Tajwid pada saat membaca Al-Qur’an dan penggunaan makhorijul huruf yang benar. Disamping itu untuk meningkatkan belajar siswa dalam belajar mata pelajaran IPA, penulis menggunakan metode belajar secara langsung dengan metode saintifik dan media interaktif yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.

References

Ahmadi, Abu dan Noor Salimi, (1991), Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam, Bumu Aksara, Jakarta

Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M), Universitas UIN Sunan Gunung Djati Bandung (2021), Petunjuk Teknis KKN SISDAMAS (Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat).

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Sayyidatussa’adah, S. ., & Budiman , I. (2022). Kegiatan Bimbingan Belajar di Pesantren Untuk Meningkatkan Minat Belajar Santri. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(87), 155–164. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1168

Issue

Section

Articles