Strategi Belajar Sambil Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Terhadap Anak pada Masa Pandemi di Desa Leuwigoong

Authors

  • Abdurrahman Pauji Ishak Bimbingan dan Konseling Islam, Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
  • Rosa Nur Afifah Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Salsabila Qonita Kamelia Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Belajar, bermain, metode, anak-anak

Abstract

Belajar adalah sebuah proses pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang terjadi dengan melakukan interaksi secara intensif dengan sumber-sumber belajar. Belajar bagi anak yang dilakukan sambil bermain dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk memanipulasi, mengulang-ulang, bereksplorasi, mempraktekkan, dan mendapatkan bermacam-macam konsep. Belajar sambil bermain adalah pembelajaran yang menyenangkan karena merupakan suatu proses pembelajaran yang berlangsung dalam suasana yang menyenangkan dan mengesankan yang dapat menarik minat anak untuk terlibat secara aktif, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai maksimal. Kegiatan belajar sambil bermain merupakan kegiatan yang dilakukan dengan perasaan senang, tanpa paksaan, namun memiliki metode yang diharapkan mampu menciptakan hasil guna perkembangan baik bagi diri anak. Metode yang digunakan yaitu belajar sambil bermain, karena dengan adanya dunia bermain dalam ruang lingkup belajar anak bisa menjadikan pembelajaran bagi anak lebih efektif, karena dunia anak adalah dunia bermain maka harus diimbangi dengan belajar, sehingga metode belajar sambil bermain merupakan salahsatu metode yang efektif pembelajaran bagi anak.

References

Adam Dikorda. (2009). http://luwuutara.go.id Strategi Pembelajaran Menyenangkan Siswa. Diakses pada tanggal 30 Januari 2012

Ade Holis. (2016). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 09, No. 01, hal 23-37.

Aprida Pane dan Muhammad Darwis Dasopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 03 No. 2. e-ISSN : 2460-2345, p-ISSN: 2442-6997.

Aswat, H., Sari, E. R., Aprilia, R., Fadli, A., & Milda, M. (2021). Implikasi Distance Learning Di Masa Pandemi COVID 19 Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 761–771. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.803.

Mar’ah, N. K., Rusilowati, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

KEMDIKBUD. (2015). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2015 Peminatan SMK. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjamin Mutu Pendidikan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Montolalu, B.E.F. Bermain dan Permainan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2012.

Mulyasa. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yani Nurdiani. (2017). Penerapan Prinsip Bermain Sambil Belajar Dalam Mengembangkan Multiple Inteligencia Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment, Volume 2, Nomor 2. ISSN No. 2252-4738.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Ishak, A. P., Afifah, R. N. ., & Kamelia , S. Q. . (2022). Strategi Belajar Sambil Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Terhadap Anak pada Masa Pandemi di Desa Leuwigoong. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(87), 137–145. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1166

Issue

Section

Articles