Penerapan Ilmu Tajwid dalam Membaca Al-Qur’an pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ)

Penulis

  • Siti Zakiyatul Wafa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Witrin Gamayanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Penerapan, Ilmu Tajwid, Baca Tulis Qur’an

Abstrak

DTA merupakan salah satu jenjang Pendidikan yang efektif untuk mentransformasi nilai-nilai religi atau keagamaan. Tergesernya nilai-nilai keagamaan diakibatkan derasnya arus teknologi dan informasi sehingga nilai keagamaan terlupakan. Dalam mempelajari Al-qur’an dalam membacanya terdapat kaidah atau aturan yang harus dipahami dalam pengucapan tajwidnya. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an di kalangan jenjang Pendidikan dasar, serta sejauh mana pemahamannya dalam cara membaca al-qur’an yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, serta mencetak generasi akan mencetak generasi qur’ani yang fasih dan lancar dalam membaca al-qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi atau terjun langsung pada saat pembelajaran. Guna untuk mengetahui permasalahan yang ada serta untuk diamati dan ditelaah permasalahannya. Selain itu, penulis menggunakan metode wawancara serta musyawarah. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ilmu tajwid memiliki pengaruh terhadap cara membaca al-qur’an siswa. Rata-rata hasil pengamatan selama pembelajaran berlangsung, sebagian siswa telah benar bacaan tajwidnya, Hal ini menunjukkan bahwa tingkat penerapan ilmu tajwid dalam pembelajaran BTQ telah dilakukan dengan hasil yang memuaskan.

Referensi

Asmawandi, A. (2021). PENERAPAN ILMU TAJWID DALAM MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ). Jurnal Inovasi PendidikanKejuruan, 1(1), 9-16.

Gunawan, W. (2002). Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.

Hariyanto. Suyono. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasanudin, & Lisnawati. (2019). Hubungan Pemahaman Ilmu Tajwid Dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bogor. Jurnal Aksara Public, 3(3).

Nasution. (2014). Memanfaatkan Kajian Fonetik Untuk Pengembangan Pembelajaran Ilmu Tajwid. Jurnal Arabiyath, 210.

Prawira, P. A. (2014). sikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Salahudin, A. (2018). Hubungan Kemampuan Membaca Al-qur'an dan Minat Belajar siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16(1), 179-190.

Zulkifli. (2021). Peningkatan Pemahaman Tajwid Siswa Kelas Viii 4 Melalui Strategi Cooperatif. Tanjak: Journal of Education and Teaching, 2(1), 70-78.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Zakiyatul Wafa, S. ., & Gamayanti , W. . (2023). Penerapan Ilmu Tajwid dalam Membaca Al-Qur’an pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(2), 67–78. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1150

Terbitan

Bagian

Articles