Pendampingan Pembelajaran dalam Upaya Optimalisasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Ahmad Syaeful Rahman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ajeng Azizah Fauziah Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Amalia Nur Anwari Hukum Keluarga, Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Rahma Awaliyah Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Shopiah Dalimutiara Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Keywords:

Pembelajaran, Daring, Masa Pandemi

Abstract

Pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat KKN-DR 2021 dalam kegiatan pendampingan belajar peserta didik siswa Sekolah Dasar (SD) di kp.Cibatu RT. 01/RW. 10 Kel. Sukalaksana Kec. Bungursari Kota. Tasikmalaya dilaksanakan sebanyak 2 kali di bulan Agustus 2021 dengan metode pelaksanaan secara deskriptif kualitatif dan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara random sampling peserta didik Sekolah Dasar (SD) dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring, antara lain kurangnya pemahaman peserta didik dalam memahami materi pembelajaran sekolah, kurang optimalnya orangtua dalam melakukan pendampingan belajar, dan kejenuhan anak terhadap pembelajaran daring. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, maka program pendampingan belajar diberikan bagi peserta didik siswa sekolah dasar (SD) kp.Cibatu pada masa pandemi Covid-19. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, maka pendampingan belajar perlu dilakukan dalam jangka waktu lama karena menjadi salah satu bentuk pengabdian yang sangat membantu dalam proses belajar daring, sehingga dibentuklah pendamping belajar dari kalangan remaja kp.Cibatu.Pendampingan belajar telah berjalan dengan baik dimana anak-anak antusias dalam mengikuti kegiatan pendampingan belajar yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN, serta tugas sekolah dapat dikerjakan dengan baik dan respon orang tua menunjukan rasa senang karena meringankan tugas mereka dalam mendampingi belajar anak-anaknya.

References

Asri, dkk. 2020. Pendampingan Belajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19 Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjar Negara. 3.

Devi, dkk. 2020. Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan. 22 (1): 68.

Fawwaz, dk. 2020. Bimbingan Belajar di Masa Pandemi Covid-19. 4.

Handayani, Sri, Yoshinta. 2020. Pendampingan Belajar di Rumah bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid. 1 (1): 110.

Herliandry, dkk. 2020. Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22 (1): 65-70.

Hudaidah, Aulia. 2021. Perkembangan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (2): 458.

Marifatul. 2021. Pendampingan dalam Menghadapi Pembelajaran di Masa Pandmi bagi Warga Dusun Macanan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 4 (3): 217.

Sri, Ika. 2020. Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study from Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JOAP). 8 (2): 500.

Sudarti, dkk. 2021. Pendampingan Belajar Daring di Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Desa Walikukun Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur. 4 (1): 73.

Rosyid, Dian. 2020. Pendampingan Pembelajaran Siswa Melalui Teknologi Informasi Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN Tematik Covid-19 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1 (2): 2.

Downloads

Published

2022-02-23

How to Cite

Rahman, A. S., Fauziah, A. A., Anwari, A. N., Awaliyah, R., & Dalimutiara, S. S. (2022). Pendampingan Pembelajaran dalam Upaya Optimalisasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(44), 72–81. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1140

Issue

Section

Articles