Manajemen Pemasaran Pemberdayaan Umkm Berbasis Teknologi Digital pada Masa Pandemi di Desa Buniara Subang

Authors

  • Ayu Lestari Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung
  • Indra Gunawan Manajemen Kauangan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nabylla Fikri Kunaefi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Taufik Syamsul Arifin Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zahra Nurlaelatul Hamidah Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung,

Keywords:

Pemberdayaan UMKM, Pengabdian, Digitalisasi, Pandemi

Abstract

Di masa pandemi covid-19 ini banyak sekali kendala yang dihadapi masyarakat umum. Selain menyebabkan masalah dalam bidang kesehatan, pandemi covid-19 juga menyebabkan masalah di berbagai bidang tak terkecuali dalam masalah ekonomi masyarakat. Dampak dari adanya covid-19 yang dirasakan pada sektor perkeonomian adalah banyaknya UMKM ataupun tempat usaha yang mengalami penuruan pendapatan hingga penutupan tempat usaha yang dikarenakan sepinya konsumen. Dan hal ini pun terjadi di Desa Buniara Subang yang terkena dampak dari pandemi ini khususnya pada bidang UMKM yang mengalami penuruan omset yang didapat. Desa Buniara ini memiliki beberapa UMKM yang dimana peneliti memilih 3 UMKM yang diteliti karena berpotensi lebih besar serta merupakan mata pencaharian utama dari sebagian  besar masyarakatnya. UMKM tersebut adalah kasur lantai, peternakan ikan dan wisata air indah alam. Karena hal-hal tersebut penulis tertarik untuk membantu pelaku UMKM tersebut dengan memberikan pemberdayaan program-program dengan menggunakan metode strategi berbasis teknologi digital yang dimana diharapkan dapat membantu meningaktkan pendapatan pelaku UMKM di Desa Buniara yang sebelumnya mengalami penuruan. Strategi yang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: tahap refleksi sosial, pemetaan sosial, tahap perencanaan partisipatif, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Dengan tahapan-tahapan tersebut pelaku UMKM mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana menggunakan teknologi digital agar dapat mendapatkan konusmen dengan ruang lingkup yang lebih luas lagi. Dan hasilnya adalah pelaku UMKM telah mempunyai akun media sosial serta media online untuk mempromosikan usahanya.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Lestari, A. ., Gunawan, I. ., Kunaefi , N. F. ., Arifin, T. S. ., & Hamidah, Z. N. . (2022). Manajemen Pemasaran Pemberdayaan Umkm Berbasis Teknologi Digital pada Masa Pandemi di Desa Buniara Subang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(87), 83–96. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1130

Issue

Section

Articles