Pemanfaatan Limbah Nasi Basi Menjadi Pupuk Organik Cair Mikroorganisme Lokal (Mol) dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Padasari

Authors

  • Fauzah Nishfa Layla Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Iman Yazid Abdillah Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yuyun Yuningsih Manajemen Haji dan Umrah, Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati
  • Zulfikar Yusuf Pengembangan Masyarakat Islam, Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

MOL, Limbah, Pupuk

Abstract

Pupuk merupakan salah satu kebutuhan essensial yang diperlukan petani bagi pertumbuhan tanaman. Hal tersebut mendorong beberapa petani dalam pembuatan pupuk yang ekonomis, serta menekan harga pengeluaran seminimal mungkin. Dalam hal ini kami mencoba memberi edukasi serta sosialisasi kepada masyarakat sekitar dalam pembuatan pupuk dengan pemanfaatan limbah organik (MOL)sebagai bentuk tri dharma perguruan tinggi yang lebih berorientasi terhadap pendidikan serta pengabdian masyarakat. Adapun metodologi yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendekatan secara individual dan kelompok. Hal tersebut dilakukan agar dapat dengan cara mewawancarai salah satu warga dan mendata kelompok petani buruh melalui informasi dari RT maupun RW setempat.

References

Aisyah, N. (Ed.). (2016). Memproduksi Kompos dan Mikro Organisme Lokal (MOL). Bibit Publisher.

Setianingsih, R. (2009). Kajian pemanfaatan pupuk organik cair mikroorganisme lokal (MOL) dalam priming, umur bibit dan peningkatan daya hasil tanaman padi (Oryza sativa L.)(uji coba penerapan system of rice intensification (SRI)) (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Putranto, W. H. FENOMENA KEBERHASILAN BURUH TANI DALAM MENINGKATKAN TARAF KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi Kasus pada Keluarga Buruh Tani di Desa Ledokombo Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember).

Al Khidmat. 2021 Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.4 No.1.

Tri Eti Selviana. Pengolahan Limbah Nasi Basi Menjadi Pupuk Organik Cair Mikroorganisme Lokal (Mol) Bagi Tanaman

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Layla, F. N. ., Abdillah, I. Y. ., Yuningsih, Y. ., & Yusuf, Z. . (2022). Pemanfaatan Limbah Nasi Basi Menjadi Pupuk Organik Cair Mikroorganisme Lokal (Mol) dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Padasari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(87), 21–28. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1124

Issue

Section

Articles