Penerapan Metode Bercakap-Cakap Terhadap Pengembangan Komunikasi Anak Dalam Efektivitas Pembelajaran Di PAUD Tarbiyatul Wildan

Authors

  • Suci Aulia Rahmat Pendididikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Imam Ghozali Budi Harjo Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Metode bercakap-cakap, komunikasi, efektivitas

Abstract

Dengan berbahas yang baik anak akan mampu berkomunikasi dengan orang lain. Dalam hal ini ada tantangan yaitu perbedaan bahasa salah satu anak yang ajarkan menggunakan bahasa sunda dan saya hanya mengerti sedikit saja dan anak tersebut kurang mengerti bahasa saya jadi disini sering terjadi miss comunication. Dalam berkomunikasi pada kegiatan belajar-mengajar sangat penting demi terciptanya pembelajaran yang efektif. Karena ketika kami memulai mengajar ada anak yang berbicaranya masih malu-malu dan kurang dapat dipahami masih ada yang terbata-bata dan bahkan ada yang pendiam sekali, sehingga kami yang mengajar mengalami kesulitan ketika awal mengajar. Tujuan dari pengoptimalan komunikasi ini untuk efektivitas pembelajaran di PAUD Tarbiyatul Wildan. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini adalah metode bercakap-cakap. Tahapan yang pertama (1) adalah observasi tempat ke PAUD Tarbiyatul Wildan. Dilanjutkan dengan tahapan kedua (2) yakni pengamatan proses pembelajaran sosialisasi dan berdiskusi. Dan tahapan yang ketiga (3) adalah pelaksanaan pendampingan terhada siswa dengan metode bercaka-cakap. Hasil dari penelitian pengamatan ini setelah menjalani kegiatan selama 2 minggu mendampingi anak-anak dalam belajar, anak jadi lebih terbuka dalam berbicara, tidak malu-malu dan dapat berbicara sesuai situasi, lebih aktif dalam tanya jawab dan berkembangnnya komunikasi dalam demi efektivitas pembelajaran.

References

Arini, N. N., Wirya, I. N., & Tirtayani, L. A. (2015). PENERAPAN METODE BERCAKAP-CAKAP BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN PADA ANAK USIA DINI. e-journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 1-10.

H, Y. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DENGAN GAMBAR SERI PADA ANAK DI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA KOTA TASIKMALAYA. Jurnal PAUD Agapedia, 139-149.

Kh, E. F. (2016). Metode Bercakap-Cakap Bagi Anak Usia Dini (Analisis deskriptif terhadap Al-Qur`an Surat Al-Baqarah : 30-33). N a t u r a l i s t i c, 1-6.

Khoiriyah, & Rachman, A. U. (2019). BERCAKAP-CAKAP SEBAGAI METODE PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK. Journal of Early Childhood Care & Education JECCE, 38-54.

Komariah, N., Haenilah, E., & Riswandi. (2019). Penggunaan Metode Bercakap-Cakap dan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal FKIP Universitas Lampung, 1-12.

Nurdin, & Anhusadar, L. O. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 686-697.

Rohmawati, A. (2015). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN. JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI, 15-32.

Rozalena, & Kristiawan, M. (2017). PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PAUD DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK DINI. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 76-86.

Setiyatna, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi dengan Menerapkan Metode Bercakap-Cakap pada Siswa Kelompok A TK Aisyiyah 1 Sawahan. at-tanbawi, 37-48.

Sirodjuddin, K., & Surtini, N. (2012). STUDI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAUD BERBASIS TEMATIK SEBUAH STUDI KASUS DI PAUD SEATAP MARGALUYU KECAMATAN CIPATAT KABUPATEN BANDUNG BARAT. Jurnal EMPOWERMENT, 105-120.

Sujiono. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Edisi 10). Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya.

Yulianti, D. (2018). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT INDEKS.

Downloads

Published

2022-02-17

How to Cite

Aulia Rahmat, S. ., & Ghozali Budi Harjo, I. . (2022). Penerapan Metode Bercakap-Cakap Terhadap Pengembangan Komunikasi Anak Dalam Efektivitas Pembelajaran Di PAUD Tarbiyatul Wildan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(75), 128–141. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1119

Issue

Section

Articles