Pengaruh Program Bimbingan Belajar dalam Upaya Pengurangan Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan di Kampung Cibanteng

Authors

  • Andri Yusuf Nur Zaman Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Evi Damayanti Utomo Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Herlangga Herlangga Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Utari Permadi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Insan Al-Amin Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UINi Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

bimbingan belajar, dampak pandemi, pendidikan

Abstract

Salah satu dampak Covid-19 dibidang pendidikan adalah merubah haluan pembelajaran dari tatap muka menjadi sistem dalam jaringan atau daring. Pembelajaran jarak jauh merupakan pembelajaran yang dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh sehingga memerlukan media tertentu untuk memungkinkan adanya interaksi antara pengajar dan pembelajar. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui informasi mengenai dampak pandemi Covid-19 terhadap pendidikan di Kampung Cibanteng, dan faktor-faktor yang mendukung, serta program Bimbingan Belajar sebagai solusinya. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa SD dan SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak dampak dan faktor yang ditemukan pada bidang pendidikan di Kampung Cibanteng, serta pengayaan program bimbingan belajar secara offline. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya program Bimbingan Belajar ini dapat meningkatkan minat belajar siswa dan membantu orang tua siswa yang mengalami kesulitan dalam mendampingi proses pembelajaran anak.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 282-289.

Basar, A. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 208 – 218.

Dewi, W. A. (2020). DAmpak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 55-61.

Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Pemberian Reward and Punishment yang Positif. Jurnal Edunomic, 93-101.

Fitroh, Q. A. (2020). Covid-19; Wajah Pendidikan Singapura dan Indonesia. Jurnal Akademik, 1.

Ni'mah, '., & Setyawan, D. A. (2021). Online Learning: ANALISIS FAKTOR PENURUNAN DISIPLIN PESERTA DIDIK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Paedagogia, 33.

Yanti, N. F., & Sumianto. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Menghambat Minat Belajar dimasa Pandemi Covid-19 pada Siswa SDN 008 Salo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 608-614.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Nur Zaman, A. Y. ., Utomo, E. D., Herlangga , H. ., Permadi, U., & Al-Amin, M. I. . (2022). Pengaruh Program Bimbingan Belajar dalam Upaya Pengurangan Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan di Kampung Cibanteng. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(87), 1–11. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1112

Issue

Section

Articles