Pendampingan Promosi UMKM Produk Jahe Merah dan Kunyit Putih Warga Desa Margamekar Berbasis Online

Authors

  • Vivin Revina Meliana Jurusan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dafa Ismi Nurhaliza Jurusan Hukum Pidana Islam, Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fikra Shapira Junjunan Jurusan Hukum Pidana Islam, Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohamad Hafidz Pratama Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • N Kardinah Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Online, UMKM, Promosi

Abstract

Kondisi perekonomian Indonesia saat ini terdampak oleh situasi Pandemi Covid-19 dan mengalami penurunan. Akibat Pandemi tersebut membuat mayoritas sektor ekonomi terutama UMKM menjadi stagnan. Hal ini membuat pelaku usaha UMKM harus mengubah strategi penjualan salah satunya yaitu melalui digitalisasi. Desa Margamekar adalah salah satu desa yang memiliki banyak UMKM dan terkena dampak Pandemi Covid-19, dari hasil survey  menunjukan bahwa terdapat beberapa masalah yang dialami oleh UMKM di RW 12 Desa Margamekar yaitu kurangnya pengetahuan mengenai pentingnya promosi online dan belum maksimalnya penggunaan media sosial sebagai saran promosi saat ini. Oleh karena itu,tujuan pelaksanaan kegiatan KKN ini adalah untuk membantu UMKM RW 12 Desa Margamekar dalam mempromosikan usahanya di masa Pandemi Covid-19. Metode pengabdian yang dilakukan terdiri dari beberapa tahap yaitu melakukan koordinasi dengan PKK mengenai UMKM kemudian memilih UMKM yang berpotensi untuk dipromosikan secara online lalu mengidentifikasi pemasalahan yang dialami oleh UMKM tersebut dan melakukan pendampingan promosi berbasis online memalui Instragram Desa dan Instagram pribadi. Kegiatan pendampingan promosi UMKM berbasis online yang dilakukan selama masa KKN berhasil terlaksana. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya calon konsumen yang melihat promosi di Instagram dan memberikan wawasan baru kepada masyarakat tentang promosi secara online yang dapat membantu memperluas pemasaran.

References

Abidin Achmad, Zainal et al. 2020. “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk UMKM Di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik.” Jurnal Ilmu Komunikasi 10(1): 17–31.

Angela Besana, Anna Maria Bagnasco, Annamaria Esposito, Alessia Calzolari. 2019. “Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Pada UsahaMikro Kecil Di Desan Sanrobone Kabupaten Takalar.” Jurnal Pengabdian Bina Ukhuwah 1(2): 415–17.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. New Jersey: Pearson Education Inc.

laura Hardilawati, Wan. 2020. “Strategi Bertahan UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Akuntansi dan Ekonomika 10(1): 89–98.

Nabilah, Sharfina, Muhammad Nursan, and Pande Komang Suparyana. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM (Studi Kasus UMKM ZEA FOOD Di Kota Mataram).” Jurnal Inovasi Penelitian 1(3): 1–4.

Nuraeni, Syifa Dewi, and Suryawardani Bethani. 2017. “Analisis Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Pt.Niion Indonesia Utama Pada Tahun 2017.” e-Proceeding of Applied Science 3(2): 280–85. https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/3732.

Priambada, Swast. 2015. Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah (UKM). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia.

Purwidiantoro, Moch Hari, Dany Fajar Kristanto SW, and Widiyanto Hadi. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM).” Eka Cida 1(1).

Putra, Aldy Purnama. 2010. Analisis Strategi Promosi Majalah Cita Cinta. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Putri, Muflikha Sofiana. 2014. “White Turmeric ( Curcuma Zedoaria ): Its Chemical Subtance And The Pharmacological Benefits.” J Majority 3(7): 88–93.

Rakib, Muhammad, Agus Syam, Marhawati Marhawati, and Hajar Dewantara. 2020. “Pelatihan Merancang Bisnis Online Di Masa Pandemi Bagi Mahasiswa.” Dedikasi 22(2): 129–34.

Ramadan, Ari. 2021. “Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Produk ‘Rendang Uninam.’” Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM] 5(1): 64–84.

Rangkuti, Freddy. 2013. Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Redi Aryanta, I Wayan. 2019. “Manfaat Jahe Untuk Kesehatan.” Widya Kesehatan 1(2): 39–43.

Rokhmah, Betty Eliya, and Ismail Yahya. 2020. “Tantangan, Kendala, Dan Kesiapan Pemasaran Online UMKM Di Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.” Filantropi: Jurnal Manajemen Zakat dan Wakaf 1(1): 20–31.

Published

2021-12-08

How to Cite

Meliana, V. R., Nurhaliza, D. I., Junjunan, F. S., Pratama, M. H., & Kardinah, N. (2021). Pendampingan Promosi UMKM Produk Jahe Merah dan Kunyit Putih Warga Desa Margamekar Berbasis Online. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(84), 172–186. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1106

Issue

Section

Articles