Peningkatan Kesadaran Masyarakat Mengenai Pengetahuan Media Tanam Rockwool untuk Ketahanan Pangan Masyarakat di Desa Bojongloa Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Lutpi Roro Sari Nianjani Prodi Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Atep Mastur Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Rockwool, Pemanfaatan lahan, Ketahanan pangan, Bercocok tanam

Abstract

Pandemic Covid-19 melahirkan  diantaranya  lockdown, PSBB dan PPKM yang saat ini sedang berlangsung, kebijakan ini cukup berpengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat salah satunya di kampung Babakan Jawa RT. 01 RW. 12 Desa Bojongloa utamanya dalam bidang ekonomi. Keinginan masyarakat untuk bercocok tanam menjadi meningkat. Tetapi disisi lain lahan-lahan yang saat ini sudah dipenuhi oleh bangunan rumah kembali menjadi hambatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun, membangkitkan, dan memberikan keterampilan  akan potensi lahan rumah, dengan bercocok tanam berarti melakukan ketahanan pangan melalui media tanam rockwool. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dilapangan dan juga menggunakan metode pengabdian KKR DR SISDAMAS Tahun 2021. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa banyak masyarakat yang berminat untuk mencoba menanam dengan media tanam rockwool utamanya untuk ketahanan pangan, hal ini tentunya menjadi sebuah keseberhasilan tersendiri dari adanya  KKN DR SISDAMAS Tahun 202 di kampung Babakan Jawa RT. 01 RW. 12 Desa Bojongloa yang telah dilaksanakan dengan dibuktikan dari hasil data saat ini dilapangan dan juga dari data hasil wawancara, dapat disimpulkan bahwa masyarakat sudah memahami dan memiliki keterampilan  mengenai penggunaan media tanam rockwool.

 

References

Gunawan, & Safriuddin, B. (2021). Jurnal Kegiatan Program Pengabdian Melalui Program Kuliah Kerja Nyata KKN 1 (1). PELATIHAN BUDIDAYA HIDROPOLIK UNTUK MENINGKATKAN Ketahanan Pangan Ditengah Pandemi Covid-19 Di Desa Silo Baru, 43-49.

Natali, Hamid, & Hidayat. (2020). Jurnal Pengabdian 2 (2). Budidaya Hidropolik Sistem Wich dengan Media Rockwool , 24-28.

Rizkia Sulistiyani, T. D., Ananto, A. D., Ranti, M. D., Miranda, M. D., Putri, G. D., & Salahuddin. (2020). Analisis Bahaya Covid-19 Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Di Fasilitas Umum Bandara Dengan Metode Hazard Identification Risk Assessment (HIRA). Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri Universitas Kadiri Vol. 4 No.1 Oktober , 15.

Roidah. (2014). 1 (2). Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidropolik , 43-50.

Sesanti, & Sismanto. (2016). Jurnal Kelitbangan 04 (01). Pertumbuhan dan Hasil Pakcoi (Brasica Rapa L.) Pada Dua Sistem Hidroponik dan Empat Jenis Nutrisi, 1-9.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: IKAPI.

Wijaya, Hariono, & Saputra. (2020). Jurnal Ilmiah Inovasi 20 (1). Pengaruh Kadar Nutrisi dan Media Tanam (Alternanthera Amoena Voss) Sistem Hidropolik, 1-5.

Yuliani, Rusl, Samputri, & Afiq. (2021). Jurnal lepa-lepa 1. Budidaya Hidroponik Perpaduan WYCK Syistem dan Nutrient Film Technique (NTF) Dengan Media Rockwoo, 112-117.

Zulfarosda, & Febriyani. (2021). JMM-Jurnal Masyarakat Merdeka, 3 (2). Pemberdayaan Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19, 21-24.

Downloads

Published

2022-02-17

How to Cite

Roro Sari Nianjani, L. ., & Mastur, A. . (2022). Peningkatan Kesadaran Masyarakat Mengenai Pengetahuan Media Tanam Rockwool untuk Ketahanan Pangan Masyarakat di Desa Bojongloa Pada Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(75), 82–94. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1091

Issue

Section

Articles