Pengaruh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Terhadap Masyarakat di Desa Cimenyan

Authors

  • Yunas Rudian Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung,
  • Dindin Komarudin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Observasi, Sosialisasi, Covid-19, Bersih dan Sehat

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan hal yang paling mendasar dalam menjalani kehidupan yang sehat dan merupakan permasalahan yang terjadi pada setiap masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di Desa Cimenyan khusus nya di RW 18. Permasalahan dalam menjaga kebersihan masih dianggap hal yang kurang penting bagi setiap orang padahal jika kita rasakan jika tempat kita bersih akan muncul rasa nyaman serta penting bagi kesehatan jasmani dan rohani kita. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk senantiasa mengingatkan bahwa pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tengah Pandemi Covid-19 sebab jika kita berperilaku bersih dan sehat akan memberikan dampak yang baik juga untuk lingkungan masyrakat dan khusus nya untuk kita diri sendiri. Metode yang digunakan dalam mendukung program kerja yang telah disepakati antara lain adalah metode observasi dan metode sosialisasi karena dinilai metode tersebutlah  yang tepat terhadap sasaran dari program kerja kesehatan.

 

References

Ananda, Rusydi dan Tien Rafida. Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing, 2017.

Antari, Ni Putu Udayana. "PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT MAHASISWA UNIVERSITAS MAHASARASWATI." Jurnal Ilmiah Medicamento Vol. 6, No. 2 (n.d.).

Natsir, Muh.Fajaruddin. "Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Tatanan Rumah Tangga Masyarakat Desa Parang Baddo." Jurnal Nasional Ilmu Keshatan (JNIK), 2019: 54-59.

Puput Dwi Cahya Ambar Wati, Ilham Akhsanu Ridlo. "Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Masyarakat di Kelurahan Rangkah Kota Surabaya." Promkes Vol. 8, No. 1 (2020): 47-57.

Ratna Julianti, Drs. H. M. Nasirun, M.pd, Wembrayarli, S.pd., M.Sn. "Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ." Jurnal Ilmia Potensia, 2018: 11-17.

Susilo. "Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini." Jurnal Penyakit Dalam Indonesia Vol. 7, No. 1 (2020).

Yuli Andriansyah, Desi Natalia Rahmantari. "PENYULUHAN DAN PRAKTIK PHBS (PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT) DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT DESA PEDULI SEHAT." Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan Vol. 2, No.1 (2013).

Yuliana. "Corona Virus Diseases (COVID19). Wellness and Healthy Magazine." Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Vol. 2, No. 1 (2020).

Downloads

Published

2022-02-17

How to Cite

Rudian, Y. ., & Komarudin, D. . (2022). Pengaruh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Terhadap Masyarakat di Desa Cimenyan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(75), 1–13. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1084

Issue

Section

Articles