Pemberdayaan Pelaksanaan Kegiatan Posyandu pada Masa PPKM Level IV di Kelurahan Tuah Madani

Authors

  • Anggi Desmaini UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • E.S. Erianto UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

kegiatan posyandu, Pandemi Covid-19, Hak Balita, Ibu Hamil, PPKM level IV

Abstract

Dalam pembangunan bangsa, harus dilakukan peningkatan kualitas manusia sedini mungkin, yaitu dimulai dari bayi. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji tentang Pelaksanaan Posyandu Pada Masa PPKM level IV Masa Pandemi Covid-19 sebagai upaya Pemenuhan Hak Balita dan Ibu Hamil di RT 001 RW 008 kelurahan Tuah Madani Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, Riau. Penelitian ini berfokus membahas pengadaan dan pelaksanaan posyandu pada masa PPKM level IV pandemi Covid-19  kota Pekanbaru dan mendeskripsikan upaya pemenuhan hak balita dan ibu hamil sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kajian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data dan wawancara dan observasi. Responden pada penelitian ini adalah para kader posyandu Tulip, tenaga medis dan anggota posyandu tulip. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan posyandu di posyandu tulip RT 001, RW 008 Kelurahan Tuah Madani  Kecamatan Tampan Provinsi Riau sesuai dengan protokol kesehatan. Namun, kurangnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan seperti tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak.serta masih kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kegiatan posyandu.  Respon masyarakat sangat mengharapkan agar posyandu tetap diadakan di tengah pandemi Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan agar orang tua dapat memantau perkembangan balita dan ibu hamil.

References

Bukhari. 2008. ‘Desain Dakwah Untuk Pembinaan Keagamaan Komunitas Elit Intelektual’. Ulumuna:Jurnal Studi Keislaman XII(2).

De Porter, Bobbi & Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman, 35-40. Bandung: Penerbit Kaifa.

Desa, D. P. (2011). Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu. Kabupaten Blitar: Badan Pemberdayaan Masyarakat.

E Saepudin , E Rizal , A Rusman. (2017). Peran Posyandu Sebagai Pusat Informasi Kesehatan Ibu dan Anak. Record and Library Journal, 3 (2): 201-208.

Nita Astriani Nainggolan, sumardi dan Jas Jasfar. (2014). efektivitas pelaksanaan kegiatan posyandu Harum Sari RT.01, RW.05 Kelurahan Tangkerang Selatan Kecematan Bukit Raya Pekanbaru. Jurnal Program Studi Pendidikan luar sekolah FKIP Universitas Riau, Pekanbaru.

Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah, 40-74, Malang: UM Press.

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.

Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.

Ahmed, F., Alimuzjaman Alim, S. M., Islam, S., Bhusan, K., Kawshik, R., & Islam, S. (2016). 433 MHz (Wireless RF) Communication between Two Arduino UNO. American Journal of Engineering Research, (510), 2320–28

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Desmaini, A. ., & E.S. Erianto. (2022). Pemberdayaan Pelaksanaan Kegiatan Posyandu pada Masa PPKM Level IV di Kelurahan Tuah Madani. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(62), 75–83. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/992

Issue

Section

Articles