Upaya Pengembangan Dalam Potensi Belajar Di Taman Pendidikan Quran Masjid Baitul Hidayah Dan Pemanfaatan Pojok Literasi Di Lingkungan RW 14

Authors

  • Sulthan Bonang Hendrajat UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nur Ihsan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aina Ramadhania UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Afra Nada Auliya UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Akbar Mubarok UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, Nasionalisme, Penjajahan, Membaca, Metode

Abstract

Pendidikan dengan Nasionalisme ialah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Pendidikan ialah sarana penting untuk melancarkan dominasi ekonomi, politik, dan sosial-budaya pada zaman kolonial. Namun, pendidikan disadari juga sebagai alat untuk emansipasi dan memerdekakan manusia, sehingga pendidikan merupakan senjata untuk melawan suatu penjajahan. Nasionalisme sebagai ide modern masuk ke dalam kesadaran pribumi melalui lembaga pendidikan, khusunya pada bidang bacaan. Membaca merupakan kontribusi utama dalam melahirkan pengetahuan untuk mengetahui suatu akar masalah dan menyusun strategi untuk suatu perubahan yang lebih baik. Semua kegiatan pendidikan tersebut dirasa lebih efektif dengan melalui pendekatan. Tak hanya mencari metode terbaik, akan tetapi lebih kepada bagaimana metode tersebut dapat diterapkan secara efektif. Kehadiran mahasiswa/i UIN Bandung bertujuan untuk membantu proses kegiatan belajar mengajar melalui metode metode yang sudah didapatkan baik di dalam maupun di luar lingkungan universitas yang tentunya terlebih dahulu dimusyawarahkan dengan tenaga pengajar ataupun masyarakat yang bersangkutan. Sehingga output yang dihasilkan ialah pendistribusian ilmu pengetahuan dapat dirasakan oleh semua kalangan masyarakat.

References

Gittell, Marilyn, and Queens College. 2014. “Decentralization Citizen in Education Participation.” 32: 670–86.

Law, Yale, and Journal Company. 2015. “Yale Law Journal Company, Inc.” 116(2): 330–411.

Rosidi, Ajip. Mencari Sosok Manusia Sunda: Sekumpulan Gagasan Dan Pikiran.

Bukhari. 2008. ‘Desain Dakwah Untuk Pembinaan Keagamaan Komunitas Elit Intelektual’. Ulumuna:Jurnal Studi Keislaman XII(2).

De Porter, Bobbi & Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman, 35-40. Bandung: Penerbit Kaifa.

Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah, 40-74, Malang: UM Press.

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.

Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.

Ahmed, F., Alimuzjaman Alim, S. M., Islam, S., Bhusan, K., Kawshik, R., & Islam, S. (2016). 433 MHz (Wireless RF) Communication between Two Arduino UNO. American Journal of Engineering Research, (510), 2320–2847.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Hendrajat, S. B. ., Ihsan, N. ., Ramadhania, A. ., Auliya, A. N. ., & Mubarok, A. (2021). Upaya Pengembangan Dalam Potensi Belajar Di Taman Pendidikan Quran Masjid Baitul Hidayah Dan Pemanfaatan Pojok Literasi Di Lingkungan RW 14. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(9), 111–125. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/99

Issue

Section

Articles