Pengaruh Kompetensi Terhadap Motivasi dan Minat Belajar Pada Santri di Madrasah al-Hijrah

Authors

  • Ridwan Rustandi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Neneg Ayu Ramayanti Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Salsabila Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wida Komala Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Belajar, Kompetensi, Pendidik, Santri

Abstract

Terkait pengabdian masyarakat melalui cara mengajar di Madrasah belum ada penelitian yang secara komprehensif membahas hal tersebut, terkhusus di wilayah RW. 07 Kampung Sayuran, Kelurahan Cijerah, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat. Maka, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Mahasiswa/i KKN DR Sisdamas 2021 kelompok 48 melaksanakan pengabdian pada masyarakat melalui kegiatan belajar dan mengajar di Madrasah Al-Hijrah. Metode penelitian ini menggunakan tahapan siklus KKN DR Sisdamas 2021, sedangkan data penelitian diperoleh melalui observasi terhadap para santri di Madrasah Al-Hijrah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penambahan tenaga pengajar, peningkatan kualitas pendidik, peningkatan fasilitas belajar dan mengajar, pemilihan metode dan media yang sesuai serta standar kompetensi (kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial) yang harus dimiliki pendidik diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dapat berimplikasi pada meningkatnya motivasi dan minat belajar para santri di Madrasah Al-Hijrah.

References

Daulay, Putra. 2014. Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Kencana.

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gintings, Abdurakhman. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Maghfiroh Shofia, Suryana Dadan. 2021. Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, V(1), 1561.

Mariyana, Rita. Kompetensi Guru dalam pembelajaran berbasis Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Sadiman. 1984. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: CV. Raja Wali.

Sardiman, A. M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Siregar, Eveline dan Hartin. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Susilowati, Indah., Himawan A., & Reni. 2013. Strategi Peningkatan Kompetensi Guru dengan pendekatan Analysis Hierarchy Process. Journal of Economics and Policy, 6(1).

Syaidah U, Suyadi Bambang, Ani Mustika H. 2018. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi, XII(2), 186.

Tabi’in, As’adut. 2016. Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada MTsN Pekan Heran Indragri Hulu. Jurnal Al-Thariqah, I(2).

Tohirin. 2005. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Berbasis Integrasi dan Kompetensi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Usman, Moh. Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Zuhairini. 1994. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Aksara

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Rustandi, R., Ramayanti, N. A. ., Salsabila, & Komala, W. (2022). Pengaruh Kompetensi Terhadap Motivasi dan Minat Belajar Pada Santri di Madrasah al-Hijrah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(70). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/987

Issue

Section

Articles