Meningkatkan Minat Belajar BTQ (Baca Tulis Qur’an) Anak-Anak di Madrasah At-Taufiq Rw. 06 Desa Ciporeat

Authors

  • Edi Mulyana Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Tekhnologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aliya Dewi Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ruli Jauhar Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Tekhnologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Weni Rahmawati Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sinta Nur Sai'dah Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Anak-anak, BTQ, Pembelajaran

Abstract

Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) adalah proses kegiatan pembelajaran tata cara membaca dan menulis Al-Quran dengan baik dan benar. beranjak dari hal tersebut kondisi pendidikan agama, khusus nya di Madrasah At-Taufiq masih jauh dari target pencapaian ideal. Salah satu permasalahan pokok pendidikan agama yang paling krusial yaitu kurangnya tenaga pendidik dalam untuk melakukan sistem pengajaran BTQ (Baca Tulis Qur’an) kepada anak-anak, maka kami memilih program pembelajaran BTQ (Baca, Tulis, Qur’an) yang bertujuan meningkatkan minat belajar BTQ (Baca Tulis Qur’an) anak-anak di Madrasah At-Taufiq RW. 06 Desa Ciporeat melalui metode Al-Barqy yang dapat mengefektifkan metode pembelajaran pada anak. Pelaksanaan program ini dilakukan pada 23 orang anak yang berada di Madrasah At-Taufiq RW.06 Desa Ciporeat. Dengan metode Al-Barqy ini proses pembelajaran dilakukan dengan cepat dan fun serta mudah dipahami. Setelah dilakukannya penelitian selama satu bulan, didapatkan hasil adanya peningkatan kemampuan pembelajaran BTQ pada anak-anak. Untuk anak yang tidak bisa membaca Al-Qur’an mengalami peningkatan sebesar 62,4%. Untuk anak yang tidak fasih dan terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an mengalami peningkatan sebesar 62,5%. Untuk anak yang tidak paham hukum bacaan dalam Al-Qur’an mengalami peningkatan sebesar 50%. Dan untuk anak yang tidak bisa menulis huruf bacaan dalam Al-Qur’an mengalami peningkatan sebesar 50%.

References

Anggranti, Wiwik. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Universitas Kutai Kartanegara. 108-109.

Ahriyatul Fahyuni, Eni. & Istiqomah. 2016. Psikologi belajar dan mengajar. Sidoarjo: Nizamiah Learning Center.

Ali Saukah, dkk. 2000. Pedoman Penelitian Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang. 20.

Eneng Muslihah. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Diadit Media. 2.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Huliyah, Muhiyatul. 2017. Metode Al-Barqy dalam Perspektif Multiple Intelligences. 27.

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Prameswati, L.N. 2019. Analisis Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Mts Dalam Perspektif Taksonomi Bloom. IAIN Kediri. 69-70.

Pristian, Firna. 2018. Implementasi Metode Al-Barqy dalam Pembelajaran Baca Tulis Qur’an di Graha Al-Barqy Kota Malang. Hlm. 8-9.

Sudarmono. 2020. Upaya Peningkatan Minat Belajar Baca Tulis Al-Qur’an. Universitas Muslim Indonesia. 164.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet. 13

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Mulyana, E., Dewi, A., Jauhar, R., Rahmawati, W., & Sai’dah, S. N. (2022). Meningkatkan Minat Belajar BTQ (Baca Tulis Qur’an) Anak-Anak di Madrasah At-Taufiq Rw. 06 Desa Ciporeat . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(58). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/950

Issue

Section

Articles