Tantangan dan Peluang Melaksanakan KKN DR Berbasis Pengabdian dan Pemberdayaan di Desa Sinaman 2 Pada Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Muhammad Farhan Program Studi Hukum Keluarga, Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati
  • M. Taufik Lazuardi Program Studi Hukum Tata Negara, Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Permata Hati Program studi Biologi, Fakultas Sains dan Tekhnologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sri Indrani Program Studi Hukum Tata Negara, Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

KKN-DR, Pemberdayaan, Tantangan, Peluang

Abstract

KKN DR (Kuliah Kerja Nyata dari Rumah) adalah KKN yang merdeka, diwujudkan dengan cara melakukan penguatan atas kesadaran dan kepedulian terhadap wabah Covid-19, relasi agama dan kesehatan (sains) dengan tepat, moderasi beragama, dan pendidikan serta dakwah keagamaan Islam dengan memanfaatkan media sosial. Pelaksanaan KKN ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap berbagai permasalahan yang di hadapi masyarakat sekitar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Narasi metode penelitian studi kasus. Dari pemaparan diatas terdapat sebuah peluang dimana mahasiswa KKN UIN Bandung dapat melaksanakan berbagai macam kegiatan sesuai dengan program kerja yang telah kami buat, namun terdapat sebuat tantangan tersendiri untuk menyelesaikan sebuah program di masa PPKM.

References

Asyhad, M., Hanggono, Wahyu Agung. 2017.Urgensi Literasi Keuangan Syariah pada Pendidikan Dasar. Jurnal MIYAH: Jurnal Studi Islam,13(01), 126-143.

Beik, Irfan Syauqi, Arsyianti, Laily Dwi. 2016. Ekonomi Pembangunan Syariah. Bandung: Rajawali Press.

Chodijah, Median, Nurjannah, D.S., Yulianti, A. Y., & Kamba, M. (2020). Seft sebagai Terapi Mengatasi Kecemasan Menghadapi Covid-19. Karya Tulis Ilmiah LPPM UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Fridayanti, F., Sururie, R.W., Aziz, R., Uriawan, W., Zulqiah, Z., & Mardiansyah, Y. (2019). Model KKN Sisdamas Uin Sunan Gunung Djati Bandung : Tantangan dan Peluang Pelaksanaan. Al-Khidmat, 2 (1), 24-28).

Rahmat, Abdul, & Mirnawati, m, (2020). Model Participation Action Research dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62-71.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Farhan , M. ., Lazuardi, M. T., Hati, P., & Indrani, S. (2022). Tantangan dan Peluang Melaksanakan KKN DR Berbasis Pengabdian dan Pemberdayaan di Desa Sinaman 2 Pada Masa Pandemi Covid 19 . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(58). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/944

Issue

Section

Articles