Peranan Kuliah Kerja Nyata dalam Bidang Pendidikan Sebagai Wujud Pengabdian di Kampung Barangbang Hilir

Authors

  • Gilal Taufan Herlian Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Putri Nurpadilla Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Anak-anak, Fun learning, KKN, Pendidikan

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan aktivitas berbasis pemberdayaan masyarakat dan wujud nyata dari tugas dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni aspek pengabdian. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat kampung barangbang hilir, maka terjadi sinergi antara perguruan tinggi dengan masyarakat sebagai wujud knowledge demokrasi. Penelitian ini dilaksanakan di RW 04 dan RW 05 Kampung Barangbang Hilir Desa Wirajaya Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Kuliah Kerja Nyata dalam bidang pendidikan sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. Setelah melaksanakan pengabdian di kampung barangbang hilir, kami melihat beberapa permasalahan serius mengenai pendidikan, yaitu kurangnya pemahaman anak anak terhadap pembelajaran yang diberikan karena kurangnya tenaga pendidik di sekolah. Pengabdian dilakukan melalui kegiatan bimbingan mengajar secara tatap muka dengan menggunakan metode fun learning. Hasil pada Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan KKN sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat mampu meningkatkan semangat belajar dan membantu anak-anak  memahami pelajaran yang diberikan.

References

Aliyyah, R. R., Fauziah, R., & Asiyah, N. (2017). Peningkatan Cinta Lingkungan Dan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Melalui Program Pengabdian Masyarakat Increased Love for the Environment and Empowerment of Rural Communities Through Community Service Programs.

Fida’ Ahmad dkk. 1997. Pedoman Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Jakarta: Rineka Cipta.

Handitya, B. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Moral Bangsa Di Era Disrupsi. Prosiding Seminar Nasional Jurusan Politik Dan Kewarganegaraan.

Kusuma, J. d. (2020). Platform Whatsapp Group dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 1.

Luh Devi Herliandry, N. M. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan , 66.

Syardiansah, (2017). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Pengembangan Dari Kompetensi Mahasiswa.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Herlian, G. T. ., & Nurpadilla, P. . (2022). Peranan Kuliah Kerja Nyata dalam Bidang Pendidikan Sebagai Wujud Pengabdian di Kampung Barangbang Hilir. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(58). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/937

Issue

Section

Articles