Menumbuhkan Rasa Solidaritas Masyarakat Desa Cipulus Di Masa Pandemi Covid–19

Authors

  • Wildan Anugrah Cahya Awaludin Hukum Keluarga, Fakultas Syari’ah dan Hukum,UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Anisa Imadul Bilad Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Allam Laudzy M Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Adam Nur Sobarudin Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Mahasiswa, Pengabdian, Cipulus

Abstract

Kuliah Kerja Nyata merupakan proses pembelajaran mahasiswa melalui berbagai kegiatan langsung ditengah-tengah masyarakat, dan mahasiswa berupaya untuk menjadi bagian dari masyarakat serta secara aktif dan kreatif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat. Mahasiswa mempunyai peran strategis sebagai agent of change (agen perubahan).Pelaksanaan program KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini dimulai dari tanggal 5 Agustus 2021 – 31 Agustus 2021. Permasalahan di Desa Cipulus ini salah satunya adalah kurangnya sosialisasi antar masyarakat sehingga  menjadikan masyarakat di Desa Cipulus ini mempunyai sikap yang individualisme. Tujuan dari KKN ini adalah untuk pemberdayaan dan pengabdian kepada masyarakat. Metode yang digunakan adalah sisdamas atau berbasis pemberdayaan masyakarat, dengan melakukan 4 tahapan pelaksanaan siklus, Siklus I (Sosialisasi awal dan refleksi sosial dengan masyarakat), Siklus II (Pemetaan sosial dan pengorganisasian masyakarat), Siklus III (Perencanaan partisipatif dan sinergi program), Siklus IV (Pelaksanaan program dan monitoring evaluasi). Selama KKN di Desa Cipulus ada beberapa program yang telah diselenggarakan diantarnya Kerja Bakti, Pembuatan Gapura, Perayaan Hari kemerdekaan Indonesia dan Penanaman Bibit Kol dan Cabai.

References

Arfani, L., Pd, S., & Pd, M. (2016). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Jurnal PPKN Dan Hukum, 11(2), 81–97.

Covid-19, G. (2021). Gugus Tugas Covid-19.

Nasution, Z. (2017). Konsep Interaksi Edukatif Dalam Pendidikan Islam(Perseptif Al-Qur’an). Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 2(4), 50.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Robandi, D., Ritongga, I., & Nast, J. P. T. (2020). An Analysis Of Education Policy In The Pandemic Covid-19. E-Tech, 08(02), 1–4. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00

Sulistyaningrum, D., & Al Hakim, R. R. (2020). Pendampingan Pembelajaran Siswa Melalui Teknologi Informasi Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN Tematik Covid-19. ANDASIH Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–7.

Widiara, K. (2021). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Pendidikan, 2(2), 50–56.

Winata, A. K., Zaqiah, Y. Q., Supiana, & Helmawati. (2021). Kebijakan Pendidikan Di Masa Pandei. Ad-Man-Pend, 4, 1–6. http://jurnal.um-palembang.ac.id/jaeducation

Chicago Manual of Style 17th edition (full note)

INLINE CITATION John L. Campbell and Ove K. Pedersen, “The Varieties of Capitalism and Hybrid Success,” Comparative Political Studies 40, no. 3 (March 1, 2007): 307–32, https://doi.org/10.1177/0010414006286542.

BIBLIOGRAPHY Campbell, John L., and Ove K. Pedersen. “The Varieties of Capitalism and Hybrid Success.” Comparative Political Studies 40, no. 3 (March 1, 2007): 307–32. https://doi.org/10.1177/0010414006286542.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Awaludin, W. A. C. ., Bilad, A. I. ., Laudzy M , A. ., & Sobarudin, A. N. . . (2022). Menumbuhkan Rasa Solidaritas Masyarakat Desa Cipulus Di Masa Pandemi Covid–19 . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(57), 97–105. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/934

Issue

Section

Articles