Pengabdian Masyarakat Dengan Meningkatkan Minat Anak-anak Terhadap Pentingnya Pendidikan di Kampung Pondok Manggis, Bojong Gede

Authors

  • Aldo Muhammad Iman Program Studi Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Risda Arba Ulfi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Interaksi, Pendidikan, Pengajaran

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan supaya anak-anak dapat mandiri dalam belajar sehari-hari dan dapat meringankan beban orang tua yang seringkali terkena imbas akibat sistem pembelajaran jarak jauh disaat pandemi Covid-19 seperti sekarang. Tidak sedikit orang tua yang mengeluhkan sistem pembelajaran jarak jauh karena para anak-anak biasanya meminta bantuan orang tua untuk mengerjakan tugas-tugasnya sehingga pekerjaan rumah yang lain terbengkalai. Selain itu dengan sistem pembelajaran jarak jauh anak-anak biasanya tidak sungguh-sungguh dalam belajar sehingga pengetahuan dan pemahaman mereka relatif sedikit. Metode pengabdian yang digunakan adalah dengan bentuk pengajaran ceramah, kuis, tes serta interaksi yang bertujuan menanamkan rasa suka anak-anak terhadap belajar. Hasil pengabdian ini diperoleh bahwa anak-anak senang dan nyaman ketika belajar, baik dengan mata pelajaran, materi pembelajaran, atau metode pembelajarannya. Kemudian, dengan mulai membentuk kelompok belajar di waktu yang biasa mereka gunakan untuk bermain ataupun belajar secara mandiri di rumah mereka masing-masing juga mengindikasikan keberhasilan kegiatan pengabdian ini.

References

Basrudin, Ratman, and Yusdin Gagaramusu. "Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sumber Daya Alam Di kelas IV SDN Fatufia Kecamatan Bahodpi." Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2013: 214-227.

Cong, I Wayan Sujana. "Fungsi dan Tujuan Pendidikan Di Indonesia." Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 4 No. 1, 2019: 29-39.

Harsono, Beni, Soesanto, and Samsudi. "Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Ceramah Konvensional dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi Pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan Dan Pemasangan Sistem Rem." Jurnal PTM, 2009: 71-79.

Nurkholis. "Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi." Jurnal Kependidikan Vol. 1 No. 1, 2013: 24-44.

Santoso, Hermawan Budi, and Subagyo. "Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Dengan Metode Problem Basic Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XI Di SMK Insan Cendikia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016." Jurnal Taman Vokasi Vol. 5 No. 1, 2017: 40-45.

Suwargini, R., and M. Mubin. "Gambaran Psikologis: Konsep Diri Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Wilayah Banjir Rob Kelurahan Bandarharjo Semarang Utara." Jurnal Keperawatan Anak, 2014: 124-132.

Wardani, Fitri, Maria Ulfah, and Sri Buwono. "EFEKTIVITAS PEMBERIAN KUIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2016: 1-15.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Iman, A. M., & Ulfi, R. A. (2022). Pengabdian Masyarakat Dengan Meningkatkan Minat Anak-anak Terhadap Pentingnya Pendidikan di Kampung Pondok Manggis, Bojong Gede. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(58). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/933

Issue

Section

Articles