Belajar Bersama Sebagai Peningkatan Semangat dan Motivasi Anak RW 16 Desa Cileunyi Kulon

Authors

  • Boma Wira Sundana Program Studi Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Widiawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

KKN, Masyarakat, Pemberdayaan

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan KKN-DR adalah agar mahasiswa dapat belajar berperan di masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat, selain itu KKN adalah ajang mahasiswa untuk mengaplikasikan keilmuan yang telah didapatkan dalam pembelajaran di kampus. Tujuan dari pengabdian masyarakat di Desa Sindangraja yaitu untuk memberdayakan masyarakat pada masa pandemi covid-19. Adapun program pemberdayaan yang dilakukan yaitu meliputi 4 aspek, diantaranya pendidikan, agama, sosial, dan kesehatan. Metode pengabdian adalah melalui tiga siklus, yaitu: Refleksi Sosial perencanaan partisipatif, dan Pelaksanaan dan Evoluasi Program.  Adapun hasil pemberdayaan yang telah dilakukan yaitu cukup tingginya tingkat antusiasme dan respon yang positif dari masyarakat membuat program pemberdayaan ini berlangsung dengan lancar.

References

Aliyyah, Rahmawati, dkk. 2021. Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). Vol 5 (2).

Rusli, Zaili. Maryati. (2017). Pelaksanaan Program Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Di Desa Sungai Tohor Kec. Tebing Tinggi Timur Kabupaaten Kepulauan Meranti. JOM Fisip. Vol. 4 (1), 1-10

Sari, Meisji Liana, dkk. (2014). Melalui Pelatihan Pembuatan Telur Asin Rendah Sodium Untuk Meningkatkan Pendapatan Peternak Itik Pagagan Di Desa 1 Kota Daro II Kecamaatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pengabdian Sriwijaya. (257-264)

Suhada, Idad. 2017. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan KebudayaanNomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Sundana, B. W. ., & Widiawati. (2022). Belajar Bersama Sebagai Peningkatan Semangat dan Motivasi Anak RW 16 Desa Cileunyi Kulon. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(58). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/932

Issue

Section

Articles