Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah Pada Siswa MI Cibonte

Authors

  • Elly Marlina Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan GUnung Djati Bandung
  • Santika Lestari Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Shamrani Jumiatus Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rinda Santiani Supriadi Program Studi Manajemen Keungan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Literasi Keuangan Syariah, MI Cibonte, Metode Make a match

Abstract

Literasi keuangan berperan penting dalam mengantarkan masyarakat menjadi masyarakat yang financial well being atau sejahtera secara finansial. Fakta bahwa mengajarkan keterampilan keuangan kepada anak masih tabu untuk dilakukan para orangtua merupakan alasan mengapa edukasi keuangan untuk anak dirasa penting. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan literasi keuangan sejak dini, terutama keuangan syariah sehingga anak-anak akan terbiasa mengelola keuangan dengan baik dan benar di masa yang akan datang. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode interaktif make a match yang dilakukan secara berkelompok Setelah dilakukan tahapan edukasi mengenai literasi keuangan, literasi keuangan anak-anak mengalami peningkatan menjadi 20%. Meskipun masih belum masuk dalam kategori well literate.

References

Asyhad, M., Hanggono, Wahyu Agung. 2017.Urgensi Literasi Keuangan Syariah pada Pendidikan Dasar. Jurnal MIYAH: Jurnal Studi Islam,13(01), 126-143.

Beik, Irfan Syauqi, Arsyianti, Laily Dwi. 2016. Ekonomi Pembangunan Syariah. Bandung: Rajawali Press.

Depdiknas. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS. Jakarta: Wipress. 2006.

LP2M, 2018. Panduan KKN Sisdamas: Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Bandung : LP2M.

Manurung Jonni J, dan Adler H. Manurung, 2009. Ekonomi Keuangan dan Kebijakan Moneter. Cetakan Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 2014. Literasi, Edukasi, dan Inklusi Keuangan. Jakarta: Direktorat Literasi dan Edukasi.

OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 2017. Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (Revisit 2017). Jakarta:

OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 2019. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2019 [Data set]. Diakses dari https://www.ojk.go.id/

Pratiwi, Rina Hidayati. 2018. Metode Pembelajaran Make a Match dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Florea, 5(1), 37-43.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Marlina, E. ., Lestari, S., Jumiatus, S. ., & Supriadi, R. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah Pada Siswa MI Cibonte. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(58). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/930

Issue

Section

Articles