Pendampingan Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Arina Farhataeni Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Amung Ahmad Syahir Muharam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Keywords:

Pendampingan, pembelajaran, matematika

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan pada keadaan saat ini. Kegiatan ini dilakukan di RW 14 Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi. Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah pendampingan pembelajaran matematika materi pecahan. Metode yang digunakan pada program ini adalah (1) memberikan pendampingan pembelajaran secara langsung kepada siswa-siswi kelas 5 Sekolah Dasar, (2) mengajak langsung kepada siswa untuk melaksanakan kegiatan belajar secara bersama-sama, (3) mengajak masyarakat untuk lebih beperan aktif dalam mendukung pendidikan putera-puterinya. Program tersebut telah terlaksana dengan baik serta memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat RW 14 Desa Kebonmanggu.

References

Agus Santoso, Y. R. (2019). PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA DI RUMAH MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR DI DESA GUCI KARANGGENENG LAMONGAN. Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 36-43.

Dewi, E. R. (2018). Metode pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 44-52.

Dwijo Susanto, M. S. (2006). OPTIMALISASI PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL KONTEKSTUAL. Jurnal Pendidikan Matematika, 66-80.

Ilmiyatur Rosidah, M. M. (2020). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN SERTA UPAYA PENINGKATAN FASILITAS PENDIDIKAN DI DESA KRATON PADA MASA PANDEMI COVID-19. AL-KHIDMAT.

Khotimah, S. H. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI SIKAP SISWA TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA. HIKMAH, 95-114.

Putu Fendy Anggara Cahyady, I. W. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENDUKUNG UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN SISWA KELAS VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 6-14.

Reni Kusmiarti, H. M. (2019). PENDAMPINGAN PROSES PEMBELAJARAN GURU SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH DI KOTA BENGKULU. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 201-210.

Shokhib Rahmania, R. W. (2020). Strategi Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19. Literasi Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 99-110

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Farhataeni , A. ., & Muharam, A. A. S. (2022). Pendampingan Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(57), 66–75. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/928

Issue

Section

Articles