Efektivitas Pendampingan Belajar Terhadap Minat dan Keaktifan Siswa Selama Pandemi Covid-19

Authors

  • Ahmad Jalaludin Nur Al Amin Psikologi, Fakultas Psikologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rani Nuraniah Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung,
  • Ade Iwan Ridwanullah Managemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Efektivitas, Pendampingan Belajar, Minat, Keaktifan

Abstract

Pendidikan adalah tempat dimana pengetahuan diperoleh dan kreativitas dikembangkan melalui suatu pembelajaran. Namun, selama pandemi COVID-19, sangat berdampak pada dunia pendidikan. Kegiatan pembelajaran daring menjadi masalah baru di bidang pendidikan. Hal ini dikarenakan kurangnya kesiapan anak dalam belajar dan kurangnya kesiapan guru dalam merancang pembelajaran yang menarik, sehingga menyebabkan berkurangnya minat dan keaktifan belajar siswa. Dalam kegiatan KKN-DR Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati 2021 melakukan pengabdian berupa pendampingan belajar. Tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran khususnya pada pelajaran matematika serta meningkatkan minat dan keaktifan belajar siswa. Metode pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan dilakukannya pendampingan belajar bagi siswa kelas 1, 2, 5, dan 6 di SDN Cicenang I Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka. Fokus utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pendampingan belajar terhadap minat dan keaktifan belajar siswa selama pandemi COVID-19. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan angket siswa. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas 5C SDN Cicenang I yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sekitar 55% siswa mempunyai minat terhadap pelajaran matematika dan 45% siswa aktif ketika proses pembelajaran matematika. Berdasarkan data keseluruhan yang diperoleh dari 20 responden terkait minat dan keaktifan terdapat 12 orang yang merespon positif, dan hasil wawancara dengan guru, menurutnya ada peningkatan minat dan keaktifan belajar siswa selama pendampingan belajar, itu berarti siswa merasa terbantu dengan adanya pendampingan belajar ini. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada efektivitas yang ditimbulkan dari proses pendampingan belajar baik bagi proses pembelajaran siswa maupun meningkatkan minat dan keaktifan belajar siswa.

References

Dewi, Wahyu A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Dyah Kartika, H., Nita Bekti, W., Putri Budi, A., Riyan Wahyu, U., & Yeni Kuntum Shofi, M. PENDAMPINGAN BELAJAR OLEH MAHASISWA KKN UNNES MENJADI SOLUSI DI ERA PANDEMI

Herliandry, Luh D., dkk. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Milton Mayeroff, Mendampingi untuk menumbuhkan (Yogyakarta: Kanisius, BPK Gunung Mulia, 1993), hlm. 52.

Nurfatimah, Affandi L. H., dkk. (2020). Analisia Keaktifan Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SDN 07 Sila Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 145-154.

Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Departemen P dan K, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1995), hlm. 778.

Putra, Ino A. (2015). Orientasi Hybrid Learning MelaluiI Model Hybrid Learning Dengan Bantuan Multimedia Di Dalam Kegiatan Pembelajaran. EDUSCOPE, 1(1), 36-42.

Soemanto, Wasty. (1990). Psikologi pendidikan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Suyono dan Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011), hlm. 9.

Usman, Uzer. (2003). Menjadi guru profesional. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Vitasari, R., dkk. (2013). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 4(3), 1-8.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2), 128-139.

W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka: 1973), hlm. 108.

Nuraini, L. (2018). Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-17.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Al Amin , A. J. N. ., Nuraniah, R. ., & Ridwanullah, A. I. . (2022). Efektivitas Pendampingan Belajar Terhadap Minat dan Keaktifan Siswa Selama Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(57), 17–32. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/924

Issue

Section

Articles