Kendala yang Dihadapi Pengajar dan Pelajar Domisili Cicurug dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Dede Gina Madinatul Munawaroh Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, UIN Sunan Gunug Djati
  • Difa’ Naufal Fulki Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gujung Djati
  • Salma Suciati Nabila Hidr Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gujung Djati
  • Ahmad Syaeful Rahman Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pandemi, Pendidikan, Kebijakan, Kenadala

Abstract

Pandemi covid-19 yang tengah melanda hampir diseluruh belahanan dunia sekarang ini, memanglah sangat berdampak pada berbagai hal di sekitar kehidupan kita. Terutama masalah pendidikan di negara kita Indonesia. Yang merupakan salah satu sistem penting dalam tatanan negara dan  bagi para generasi penurus bangsa. Hal pertama yang menjadi permasalahan dalam bidang ini ialah tidak adanya pembelajaran tatap muka atau laring yang dilakukan untuk menanggulangi lonjakan kasus positif covid-19. Pemerintah pun akhirnya menindak lanjuti permasalahan tersebut dengan terbitnya surat edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 yang di terbitkan oleh Kemendikbud.  Namun ternyata langkah-langkah pemerintah tersebut masih menimbulkan permasalahan bahkan kendala baru bagi segala kalangan mulai dari pengajar, pelajar hingga orang tua. Pengabdian ini bertujuan untuk membantu para peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah memadukan antara penelitian dan pengabdian yang lebih bersifat partisipatif aktif terhadap kegiatan pembelajaran di masa pandemi covid-19 di desa Cicurug. Subjek penelitian ini adalah para pendidik (guru) dan para peserta didik (siswa) yang berdomisili di desa Cicurug. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan wawancara secara tatap muka. Setelah observasi dan wawancara dilakukan, maka muncullah ide untuk melaksanakan program home visit bagi para siswa di berbagai jenjang, diantaranya adalah SD, SMP dan SMA. Berdasarkan hasil dari pelaksanaan penelitian dan pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa program bimbingan pembelajaran di masa pandemi covid-19 sangatlah penting dilakukan, guna untuk menghindari hilangnya semangat para peserta didik dalam mencari ilmu di masa pandemi ini, karena tidak dapat dipungkiri bahwa pembelajaran daring yang sifatnya repetitif dapat mempengaruhi psikis anak menjadi cepat bosan dalam belajar.

References

Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346.

Bilfaqih, Yusuf dan Qomarudin, M.Nur. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring Panduan Berstandar Pengembangan Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: Deepublish. Ed.1, Cet. 1.

Fojtík, Rostislav. (2018). Problems Of Distance Education. ICTE Journal, 7(1): 14-23. DOI: 10.2478/ijicte-2018-0002

Covid19.go.id. (2020). Situasi Virus Corona. Retrieved March 29, 2020, fromhttps://www.covid19.go.id/situasi-virus-corona/

Rizqon Halal Syah Aji (2020).Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Vol. 7 No. 5 (2020), pp. 395-402, DOI: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT Rosda Karya.

Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal,

(2), 87

Padma, A., dan Sukanesh, R. (2011). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19. Automatic Classification and Segementation of Brain Tumor in CT Images Using Optimal Dominant Gray LLvel Run Length Texture Features, 2(10), 53²59.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Munawaroh , D. G. M. ., Fulki, D. N. ., Hidr, S. S. N. ., & Rahman , A. S. . (2022). Kendala yang Dihadapi Pengajar dan Pelajar Domisili Cicurug dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(50), 122–137. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/916

Issue

Section

Articles