Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Bojongsari

Authors

  • Ahmad Mukhtar Natsir Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Deti Herdianti Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • M. Sultan Prawira Yoga Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung,
  • Raffi Adhitya Jordan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sukmawati Millenia Islami Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung,

Keywords:

Belajar, Motivasi, Pandemi

Abstract

Pada masa pandemi seperti ini, Desa Bojongsari tetap melakukan kegiatan tatap muka dengan pembatasan sosial atau melakukan pengombinasian antara kegiatan luring dan daring di beberapa kegiatan khususnya kegiatan pendidikan. Setelah diadakannya survei ke beberapa lokasi, ternyata kualitas pendidikan yang berada di sana masih kurang. Maka dari itu, penulis melakukan upaya untuk meningkatkan motivasi belajar yang tentunya dapat membantu siswa. Metode yang digunakan yaitu melakukan refleksi sosial terlebih dahulu, kemudian mengidentifikasi masalah, lalu merancang program dan melaksanakan program tersebut. Evaluasi yang dilakukan adalah berdiskusi agar program selanjutnya memberikan hasil yang terbaik. Hasil dari upaya yang dilakukan penulis agar meningkatkan motivasi belajar siswa tentu membuahkan hasil yang baik dilihat dari antusiasme yang diberikan oleh siswa. Pemberian stimulus yang dilakukan membuat siswa menjadi semakin aktif dan mampu mengeksplorasi pembelajaran dengan baik tanpa menimbulkan kejenuhan berlebih serta membuat siswa mau belajar lebih baik lagi.

References

Prayitno. (2009). “Dasar Teori dan Praksis Pendidikan”. Jakarta: Grasindo.

Bukhari. (2008). “Desain Dakwah Untuk Pembinaan Keagamaan Komunitas Elit Intelektual”. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman XII(2)

Asyura, S. (2014). “Penerapan Media Power point berbasis Joyful Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMAN 2 Banda Aceh”. Skripsi. Tidak diterbitkan. Banda Aceh: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala.

https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian- motivasi-menurut-para-ahli/ diakses pada tanggal 15 September 2021 pukul 10.24 WIB

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Natsir, A. M., Herdianti , D. ., Yoga , M. S. P. ., Jordan , R. A. ., & Islami , S. M. . (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Bojongsari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(50), 109–121. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/915

Issue

Section

Articles