Pembuatan Pupuk Organik dari Kotoran Kambing

Authors

  • Annastasia Tensia Laura Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pupuk Organik, Kotoran Kambing

Abstract

Pupuk organik menggunakan kotoran kambing dikarenakan cenderung lebih mudah di dapat dan dicari. Pupuk organik yang telah dibuat senantiasa dimanfaatkan oleh para petani Desa Tejamulya untuk penyuburan tanah dan pertumbuhan tanaman (awal tanam). Pembuatan pupuk organik dari kotoran kambing dilakukan petani ketika memulai untuk awal tanam. Penilaian kualitas pupuk organik dilihat dari kadar air, tidak berjamur dan tidak muncul ulat serta belatung. Adapun alat dan bahan untuk pembuatan pupuk organik dari kotoran kambing, yaitu: ember, cangkul/sekop, kotoran kambing, sekam dan domilit/kapur pertanian serta dalam proses pembuatan pupuk organik dari kotoran kambing menggunakan metode alami. Ada beberapa hal yang membuat kualitas pupuk organik menjadi tidak baik untuk digunakan, yaitu: keadaan lahan yang digunakan untuk mencampur bahan tidak kering, kadar air yang tinggi dalam campuran bahan pupuk, persentase campuran pupuk yang kurang pas dan kelembaban udara yang masuk ke dalam campuran bahan.

References

Anggara, A. W. (2018). Pembuatan kompos sinegris dengan bahan baku kotoran kambing, sekam, dan serbuk gergaji di desa karangmojo kecamatan kartoharjo kabupaten magetan. Skripsi.

Calvin. 2015. “Perbedaan Pupuk Cair dan Padat.”

Hapsari, A.Y. 2013. Kualitas dan Kuantitas Kandungan Pupuk Organik Limbah Serasah dengan Inokulum Kotoran Sapi secara Semianaerob. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Musnawar, E.I. 2003. “Pupuk Organik Padat: Pembuatan dan Aplikasinya”. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rastiyanto, E., Sutirman, & Pullaila, A. (2013). Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Kotoran Kambing Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Kailan. Buletin Ikatan, 36-40.

Surya, A. A., & dkk. (2021). Pembuatan Pupuk Organik Menggunakan Kotoran Kambing. Journal Lepa-lepa Open, 103-106.

Surya, R.E., Suryono. 2013. “Pengaruh Pengomposan terhadap Rasio C/N Kotoran Ayam dan Kadar Hara NPK tersedia serta Kapasitas Tukar Kation Tanah”.

UNESA Journal of Chemistry 2 (1): 137-144.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Laura, A. T. . (2022). Pembuatan Pupuk Organik dari Kotoran Kambing. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(50), 44–51. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/909

Issue

Section

Articles