Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendampingan Pembelajaran Daring di RW 03 Desa Puncaksari

Authors

  • Alif Abiyi Nur ‘Asyam Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendampingan,, Pembelajaran, Home Visit

Abstract

Pendampingan pembelajaran daring menjadi penting karena berdasarkan observasi dan realita di lapangan, banyak dari warga yang mengeluh akan tidak efektifnya pembelajaran yang dilakukan secara daring. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini saya melaksanakan secara mandiri untuk memberikan pengabdian pendampingan pembelajaran daring dalam rangka mengefektifkan pembelajaran. Oleh karena itu kami peserta KKN-DR 154 menjawab permasalahan yang ada dengan cara mendampingi siswa ketika pembelajaran daring berlangsung melalui Home Visit. Kami juga memberikan Strategi dan Metode Pembelajaran yang Efektif dan Menarik sehingga meningkatkan motivasi dan minat peserta didik dalam belajar. Penelitian pengabdian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, dengan bukti data wawancara dan terjun ke lapangan melalui beberapa siklus. Hasil dari pengabdian yang kami lakukan mendapat respon baik dari warga sebagai orang tua siswa dan anak-anak yang menjalani pembelajaran daring. Terlihat dari kemandirian pengakuan orang tua atas meningkatnya semangat siswa dalam belajar.

References

Anugrahana, A. (2020, September). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Pendidikan dan Kebudayaan, X(3), 282-289.

Dwita, K. D., & Ade Irma Anggraeni, H. (2018). Pengaruh home Visit dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SDIT Harapan Bunda Purwakarta. Ekonomi, Bisnis, dan Akuntasi (JEBA), XX(01).

Hikmat, & Endang Hermawan, A. I. (2020). Efiktivitas Pembelajaran Jaring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Onlina.

Komalasari, O. (2014). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 4 Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. STAIN Purwokerto, Tarbiyah, Purwokerto.

Purnama, M. N. (2020, September). Blended Learning Sebagai Sarana Optimalisasi Pembelajaran Daring di Era New Normal. Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, II(2).

utami, S. P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning By Doing Pada Siswa Kelas IV B Di MI Muhammadiyah Gonilan Kartasura Tahun Ajaran 2018/2019. UMS, PGSD, Surakarta.

Sugiyono. 2015. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Nur ‘Asyam, A. A. . (2022). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendampingan Pembelajaran Daring di RW 03 Desa Puncaksari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(50), 33–43. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/908

Issue

Section

Articles