Penerapan Metode Tahsin dan Tajwid Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Quran di Madrasah Al-Qadr Pangalengan

Authors

  • Ahmad Risa Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Kegurusan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Al-Quran, metode, tahsin, tajwid

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu konsep dari dua kegiatan yaitu belajar dan mengajar yang harus direncanakan dan diaktualisasikan, serta diarahkan pada pencapaian tujuan belajar. Pendidikan Al-Quran adalah pendidikan paling utama yang harus diajarkan kepada setiap manusia. Fokus kajian penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya anak-anak di Madrasah Al-Qadr yang mengutamakan hafalan Al-Quran akan tetapi kurang dalam kemampuan membaca Al-Quran nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tahsin dan tajwid dalam pembelajarann Al-Quran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Al-Qadr, Desa Margamulya, Pangalengan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tahsin dan tajwid efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran anak-anak Madrasah Al-Qadr.

References

Ahmad, A. (2017). Panduan Tahsin Tilawah Al Quran & Ilmu Tajwid. Jakarta: Pustaka Al Kautsar.

Hayati, F. (2020). Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia Volume 5, Nomor 1, Oktober, 17.

Joni, R; Rahman, A; Yanuarti, E. (2020). Strategi Guru Agama Desa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Warga Desa. JOEAI (Journal of Education and Instruction) Volume 3, Nomor 1

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1, 155.

Majid. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. PT Remaja Rosdakarya .

Sarpani. (2014). Ironis, 54% Muslim Indonesia Tak Bisa Baca Alquran. Pikiran Rakyat.

syarif hidayat, R. M. (n.d.). Implementasi Metode At-Tahsin Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Pada Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Hunafa Anak Shaleh Dan Shalehah Kecamatan Jagarkarsa Kota Jakarta Selatan. ProsA PAI (Prosiding Al Hidayah: Pendidikan Agama Islam).

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Risa, A. (2022). Penerapan Metode Tahsin dan Tajwid Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Quran di Madrasah Al-Qadr Pangalengan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(50), 13–23. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/906

Issue

Section

Articles